Pengaruh variasi media tanam terhadap pertumbuhan dan kadar vitamin C Tomat (Solanum lycopersicum L.)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tias, Kusnul Fitria Ning (2024) Pengaruh variasi media tanam terhadap pertumbuhan dan kadar vitamin C Tomat (Solanum lycopersicum L.). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kusnul Fitria Ning Tias_09040120056 OK.pdf

Download (477kB)
[img] Text
Kusnul Fitria Ning Tias_09040120056 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tanaman tomat merupakan salah satu tanaman adalah tanaman semusim dan tumbuh pada daerah yang beriklim tropis. Di Indonesia tomat juga menjadi salah satu sayuran yang banyak diminati. Di dalam tomat kaya akan vitamin A, C, E, K dan sebagai sumber antioksidan. Dengan upaya pemberian media tanam yang sesuai diharapkan dapat membantu petani untuk meningkatkan produktivitas tomat. Media tanam dibuat dari beberapa jenis tanah yang berbeda dengan menambahkan bahan organik seperti arang, daun paitan, pupuk kandang masing masing 1: 1: 1, dan EM4. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variasi media tanam dari beberapa jenis tanah terhadap pertumbuhan dan kadar vitamin C pada tanaman tomat. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 6 perlakuan. Menggunakan beberapa jenis tanah yang berbeda yaitu tanah kontrol, tanah biasa, tanah pasir, tanah lempung, tanah bawah bambu dan tanah bawah kacang dengan penambahan pupuk organik. Hasil penelitian dianalisis menggunakan Uji One Way Anova yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada parameter tinggi tanaman, dan jumlah daun. Sedangkan pada parameter jumlah bunga dan jumlah buah dilakukan uji statistik Kruskal wallis dan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Hasil dari uji kadar vitamin C pada buah tomat media tanam dari tanah bawah bambu, tanah bawah kacang, dan tanah lempung memiliki kadar cukup bagus yaitu 2,573mg/g, 2,494 mg/g, 2,255 mg/g.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tias, Kusnul Fitria Ningkusnulfitria1403@gmail.com09040120056
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTyastirin, Estiesty@uinsby.ac.id2024068702
Thesis advisorZummah, Atiqohatiqoh.zummah@uinsby.ac.id--
Subjects: Pendidikan > Penelitian
Penelitian

Perkebunan
Pertanian
Tanah
Keywords: Jenis tanah; media tanam; tomat (Solanum lycopersicum L.)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Kusnul Fitria Ning Tias
Date Deposited: 22 Jul 2024 08:16
Last Modified: 22 Jul 2024 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/71991

Actions (login required)

View Item View Item