Penyebaran Doktrin Salafisme menurut tokoh masyarakat di Perumahan Istana Candi Mas Regency Ngampelsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo : dalam perspektif teori understanding wilhelm christian ludwig dilthey

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arini, Ainur Dhiya (2024) Penyebaran Doktrin Salafisme menurut tokoh masyarakat di Perumahan Istana Candi Mas Regency Ngampelsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo : dalam perspektif teori understanding wilhelm christian ludwig dilthey. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainur Dhiya Arini_E91217029 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ainur Dhiya Arini_E91217029 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 August 2027.

Download (1MB)

Abstract

Infiltrasi gerakan salafisme ke dalam berbagai organisasi menjadi realitas yang terus mengemuka dibalik perkembangannya yang begitu pesat. Gerakan ini termasuk kategori gerakan transisional, di mana salafisme ini mengarusutamakan sebuah gerakan purifikasi agama yang berawal di Arab Saudi. Penelitian ini berupaya menganalisis penyebaran doktrin salafisme menurut tokoh masyarakat di Perumahan Istana Candi Mas Regency, di Desa Ngampelsari Kecamatan Candi Sidoarjo yang seringkali bersifat resisten. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif - kualitatif dengan tujuan untuk menyimpan informasi yang kontradiktif mengenai subjek dari penelitian. Kajian teoritis yang digunakan yakni potret salafisme dengan analisa hermeneutika teori understanding Wilhelm Christian Ludwig Dilthey yang meliputi Erlebnis, Ausdruck, dan Verstehen. Disinyalir, bahwasannya metode dakwah kelompok salafisme di Indonesia cenderung menyalahkan amalan-amalan umat Islam yang berbeda dengan ideologi pemahamannya yang kemudian bisa menuai pro-kontra dan kontra di tengah masyarakat Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arini, Ainur Dhiyaainurdhiyaarini@gmail.comE91217029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Loekisno Choirilluckys.no@gmail.com2027036302
Subjects: Filsafat
Filsafat > Filsafat Islam
Keywords: Salafisme; Transisional; Ideologi; Hermeneutika
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ainur Dhiya Arini Arin
Date Deposited: 31 Aug 2024 14:41
Last Modified: 31 Aug 2024 14:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72008

Actions (login required)

View Item View Item