Efektivitas pengelolaan anggaran kelurahan berdasarkan prinsip ekonomi Islam Prespektif Yusuf al-Qaradhawi: studi kasus pada Kelurahan Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Isnaini, Nadya Rahma (2023) Efektivitas pengelolaan anggaran kelurahan berdasarkan prinsip ekonomi Islam Prespektif Yusuf al-Qaradhawi: studi kasus pada Kelurahan Kauman Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Rahma Isnaini_08020420065 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadya Rahma Isnaini_08020420065 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Dalam hal pengelolaan anggaran kelurahan menurut ekonomi Islam, efektivitas berarti mengelola dana dengan cara yang menghasilkan manfaat yang adil bagi seluruh masyarakat kelurahan. Pengawasan yang ketat dan transparansi merupakan elemen penting dalam menjalankan pengelolaan anggaran kelurahan dengan mematuhi prinsip-prinsip ekonomi Islam. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pengelolaan anggaran di Kelurahan Kauman sudah mencerminkan prinsip-prinsip ekonomi Islam yang di anjurkan oleh Yusuf al-Qaradhawi dan untuk mengetahui bagaimana efektivitas pengelolaan anggaran di Kelurahan Kauman.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan data primer yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data sekunder berasal dari rekapitulasi realisasi anggaran kelurahan. Dari hasil penelitian, terlihat bahwa pengelolan anggaran di Kelurahan Kauman, Kecamatan Kepanjenkidul, Kota Blitar, telah mencapai standar yang baik sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam Permendagri No. 130 tahun 2018. Penerapan prinsip-prinsip dari Yusuf al-Qaradhawi, seperti keadilan, penghindaran riba, transparansi, tanggung jawab sosial, dan partisipasi masyarakat juga telah diterapkan. Namun, pihak kelurahan merasa bahwa terkait transparansi dalam web kelurahan kurang diperlukan oleh masyarakat. Untuk mengaktifkannya kembali, perangkat kelurahan memerlukan pertimbangan lebih lanjut. Efektivitas pengelolaan anggaran mencapai rasio sebesar 98,72%, sehingga tergolong dalam kategori cukup efektif. Faktor utama yang mempengaruhi rasio efektivitas ini adalah ketidaksesuaian antara target pengajuan nikah gratis yang ditetapkan dan realisasinya. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan agar pengelolaan anggaran kelurahan lebih efektif untuk secara rinci menyajikan informasi pengelolaan anggaran kelurahan, baik melalui kantor kelurahan maupun situs web resmi kelurahan. Terkait target program nikah gratis yang belum tercapai, disarankan untuk meningkatkan sosialisasi dengan lebih intensif, dengan harapan dapat meningkatkan partisipasi pasangan yang memenuhi syarat. Alternatifnya, bisa mengurangi jumlah target tanpa mengurangi tujuan program. Evaluasi terhadap kegiatan atau program yang telah dilaksanakan diharapkan agar dapat meningkatkan kesesuaian dengan harapan di masa mendatang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Isnaini, Nadya Rahmanaddyaar@gmail.com08020420065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUtami, Betty Silfia Ayubetty.silfia@uinsby.ac.id0010068707
Subjects: Administrasi
Ekonomi Islam
Ulama
Keywords: Efektivitas; Anggaran Kelurahan; Yusuf al-Qaradhawi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Nadya Rahma Isnaini
Date Deposited: 23 Jul 2024 03:36
Last Modified: 23 Jul 2024 03:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72019

Actions (login required)

View Item View Item