Analisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari Habits of Mind

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Juliaputri, Nadya Dwi (2024) Analisis kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari Habits of Mind. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nadya Dwi Juliaputri_06040420061 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nadya Dwi Juliaputri_06040420061 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Salah satu kemampuan untuk menghadapi tantangan matematika abad ke-21 adalah kemampuan literasi numerasi. Kemampuan literasi numerasi adalah kecakapan dalam menggunakan beragam angka dan simbol untuk menyelesaikan masalah matematika. Dalam menyelesaikan masalah matematika, setiap siswa memiliki respons yang berbeda salah satunya dipengaruhi oleh habits of mind. Oleh karena itu, siswa dengan habist of mind tinggi memiliki kemampuan literasi numerasi tinggi begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dibedakan dari habits of mind. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 2 Sidoarjo pada semester genap. Penentuan subjek penelitian ini menggunakan teknik purpose sampling pada kelas VII-C yaitu 2 siswa dengan habits of mind tinggi, 2 siswa dengan habits of mind sedang, dan 2 siswa dengan habits of mind rendah. Teknik pengumpulan data menggunakan tes literasi numerasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi numerasi siswa dengan habits of mind tinggi mampu menganalisis informasi yang disajikan dari beragam bentuk seperti gambar dan sejenisnya, mampu menggunakan angka dan simbol, dan cukup mampu menafsirkan hasil analisis untuk memperkirakan dan membuat kesimpulan. Sedangkan siswa dengan habits of mind sedang mampu menganalisis informasi yang disajikan dari beragam bentuk seperti gambar dan sejenisnya, cukup mampu menggunakan angka dan simbol, dan cukup mampu menafsirkan hasil analisis untuk memperkirakan dan membuat kesimpulan. Sedangkan siswa dengan habits of mind rendah cukup mampu menganalisis informasi yang disajikan dari beragam bentuk seperti gambar dan sejenisnya, cukup mampu menggunakan angka dan simbol, dan tidak mampu menafsirkan hasil analisis untuk memperkirakan dan membuat kesimpulan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Juliaputri, Nadya Dwinadyadwi2707@gmail.com06040420061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com dan parto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Matematika
Keywords: Kemampuan Literasi Numerasi; Menyelesaikan Masalah Matematika; Habits of Mind.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nadya Dwi Juliaputri
Date Deposited: 28 Jul 2024 08:13
Last Modified: 28 Jul 2024 08:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72037

Actions (login required)

View Item View Item