Analisis proses pemecahan masalah Matematis berdasarkan pendekatan Onto Semiotik ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zakiyah, Ghina Yumna (2024) Analisis proses pemecahan masalah Matematis berdasarkan pendekatan Onto Semiotik ditinjau dari Kemampuan Matematika Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ghina Yumna Zakiyah_06020420028 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ghina Yumna Zakiyah_06020420028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (7MB)

Abstract

Proses pemecahan masalah dalam pendekatan onto semiotik yaitu proses pemecahan soal non rutin dengan menggunakan pendekatan yang memerhatikan makna dari objek matematika yaitu situasi masalah, bahasa, konsep, proposisi, prosedur dan argumen. Terdapat tiga langkah pemecahan masalah menurut pendekatan onto semiotik yaitu: a) Mengidentifikasi masalah dan rencana pemecahan, b) mendeskripsikan pemecahan secara matematis, dan c) menyimpulkan hasil akhir pemecahan. Tujuan penelitian ini yaitu memberikan deskripsi mengenai proses siswa berkemampuan matematika tinggi, sedang dan rendah dalam memecahkan masalah matematis berdasarkan pendekatan onto semiotik. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan 9 siswa yang dikategorikan berdasarkan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes pemecahan masalah matematis dan wawancara. Hasil data kemudian dianalisis menggunakan indikator proses pemecahan masalah berdasarkan pendekatan onto semiotik. Tahapan proses pemecahan masalah berdasarkan Vicenc Font dan pendekatan onto semiotik yang diamati berdasarkan Juan D. Godino. Hasil yang diperoleh sebagai berikut: a) Siswa berkemampuan tinggi mampu Mengidentifikasi Masalah dan Rencana Pemecahan dan merancang strategi pemecahan, memahami soal dan mengubahnya menjadi persamaan matematika, menentukan konsep matematika, contoh, dan bukan contoh, menjelaskan definisi rumus dan alasan pemilihannya, memeriksa kembali jawaban, menjelaskan kesimpulan akhir dengan yakin. b) Siswa berkemampuan sedang mampu Mengidentifikasi Masalah dan Rencana Pemecahan, merancang strategi, memahami soal, dan mengubahnya menjadi persamaan matematika, menjelaskan definisi rumus dan alasan pemilihannya, menjelaskan kesimpulan akhir. Namun, kurang mampu menentukan konsep matematika, contoh, dan bukan contoh, jarang memeriksa kembali jawaban, kurang yakin dengan langkah dan perhitungan pemecahan masalah. c) Siswa berkemampuan rendah mampu memahami gambar soal, merancang strategi, dan menjelaskan langkah-langkah pemecahan, menjelaskan kesimpulan akhir. Namun, tidak mampu menentukan konsep matematika, contoh, dan bukan contoh, tidak dapat menyatakan soal dalam bentuk persamaan matematika, tidak mampu menjelaskan definisi rumus dan alasan pemilihannya, tidak memeriksa kembali jawaban, kurang yakin dengan langkah dan perhitungan pemecahan masalah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zakiyah, Ghina Yumnaghinayz15@gmail.com06020420028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pemecahan masalah; pendekatan onto semiotik; kemampuan matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ghina Yumna Zakiyah
Date Deposited: 23 Jul 2024 08:26
Last Modified: 23 Jul 2024 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72045

Actions (login required)

View Item View Item