Pola asuh present but absent parent perspektif hadis: kajian maanil hadith Tirmidhi 1911 perspektif psikologi anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Ferangga Wimbodyo Sunarto (2024) Pola asuh present but absent parent perspektif hadis: kajian maanil hadith Tirmidhi 1911 perspektif psikologi anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferangga Wimbodyo Sunarto Putra_07040520081 ok.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ferangga Wimbodyo Sunarto Putra_07040520081 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penerapan pola asuh orang tua terhadap anak, dewasa ini banyak terjadi ketimpangan. Pola asuh Present But Absent Parent parenting merupakan suatu ialah pola asuh yang ada tetapi tidak hadir secara formal didefinisikan sebagai kehadiran fisik bersama anak tetapi tidak tersedia secara emosional atau tidak memenuhi kebutuhan mereka, polah asuh berbeda dari yang telah diajarkan oleh Rasulullah Saw ataupun dari ilmu-ilmu pengasuhan yang telah ada. Pola asuh yang salah akan dapat menimbulkan dampak negatif terhadap psikis anak. Padahal, kebutuhan anak bukan hanya menyangkut kebutuhan fisik, tetapi juga kebutuhan psikisnya harus dipenuhi. Dari latar belakang tersebut, pada penelitian ini terdapat tiga rumusan masalah, yaitu: 1.Bagaimana kualitas dan kehujjahan hadis Sunan al-Tirmidhi nomor indeks 1911? 2. Bagaimana pemahaman Imam Tirmidhi no 1911 tentang fenomena polah asuh Present But Absent Parent?3. Bagaimana analisis hadis Imam Tirmidhi no 1911 dengan teori kepribadian Sigmun Freud? Penelitian ini menggunakan model kualitatif dengan menggabungkan dua jenis penelitian, yakni Library Research dan Field Research. Sumber data tidak hanya diperoleh dari buku, kitab, jurnal, atau artikel ilmiah, melainkan juga dari penelitian lapangan guna mendukung. Peneliti menggunakan beberapa teori, seperti teori kualitas hadis, kehujjahan hadis, pemaknaan hadis, dan teori kepribadian Sigmun Freud, Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, hadis riwayat al-Tirmidhi nomor indeks 1911 menduduki status ṣaḥīḥ li ghairihi, sehingga dapat dijadikan hujjah. Pola asuh "Present But Absent Parents " dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan kepribadian anak, yang dapat dilihat dari perspektif teori Freud tentang id, ego, dan superego: Secara keseluruhan, pola asuh "Present But Absent Parents " mempengaruhi bagaimana anak menginternalisasi nilai-nilai, mengelola emosi, dan mengembangkan kesadaran moral. Orang tua perlu memberikan perhatian, dukungan emosional, dan bimbingan moral yang konsisten untuk mendukung perkembangan kepribadian yang sehat dan positif pada anak anak mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Ferangga Wimbodyo Sunartofraaaaank12@gmail.com07040520081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Psikologi Sosial
Hadis
Anak > Kepribadian
Keywords: Hadis; teori kepribadian; pola asuh; Tirmidhi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Ferangga Wimbodyo Sunarto
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:08
Last Modified: 04 Sep 2024 06:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72052

Actions (login required)

View Item View Item