Efektivitas pendampingan proses produk halal program self declare pada pelaku usaha Kota Surabaya dalam perspektif maqaṣid syariah: studi kasus pada P3H di bawah naungan halal center UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abruro, Haniel Maulana (2024) Efektivitas pendampingan proses produk halal program self declare pada pelaku usaha Kota Surabaya dalam perspektif maqaṣid syariah: studi kasus pada P3H di bawah naungan halal center UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Haniel Maulana Abruro_08020420051 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Haniel Maulana Abruro_08020420051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah yakni: 1. Bagaimana pelaksanaan pendampingan proses produk halal program self declare yang dilakukan oleh P3H Halal Center UIN Sunan Ampel pada pelaku usaha Kota Surabaya?; 2. Bagaimana efektivitas pendampingan proses produk halal program self declare yang dilakukan oleh P3H Halal Center UIN Sunan Ampel pada pelaku usaha Kota Surabaya?; 3. Bagaimana pandangan maqāṣid syarīah terhadap efektivitas pendampingan proses produk halal program self declare yang dilakukan oleh P3H Halal Center UIN Sunan Ampel pada pelaku usaha Kota Surabaya? Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini yakni Ketua dan Koordinator Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya, 7 orang P3H Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya dan 7 orang pelaku usaha yang telah memperoleh pendampingan sertifikasi halal. Dokumentasi dilakukan secara langsung di Kantor Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Dalam rangaka terwujudnya efektivitas pendampingan proses produk halal, P3H Halal Center menerapakan tiga strategi yakni: memanfaatkan sosial media, menjalin kerja sama, dan mendatangi pelaku usaha secara langsung; 2. Pelaksanaan pendampingan proses produk halal P3H Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya belum efektif karena belum memenuhi dua dari tiga indikator efektivitas; 3. Efektivitas pendampingan proses produk halal program self declare oleh P3H Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya termasuk dalam kebutuhan ḥajiyyāt dan telah mendukung pemeliharaan lima unsur maqāṣid syarīah. Saran yang dapat dipertimbangkan bagi P3H Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya yakni dapat membuat survey secara sistematis dan berkala untuk mengetahui feedback dari pelaku usaha. Halal Center UIN Sunan Ampel Surabaya untuk lebih giat lagi dalam memberikan pembinaan atau sharing session kepada anggota pendamping yang baru. Bagi BPJPH diharapkan ke depannya lebih proaktif dalam membuat kebijakan baru dan diharapkan kebijakan baru yang dibuat tidak membuat pihak yang terlibat dalam sertifikasi halal menjadi terganggu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abruro, Haniel Maulanahanielmaulana@gmail.com08020420051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsa.ac.id2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Pendamping Proses Produk Halal (P3H); sertifikasi halal; self declare; Maqaṣid Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Haniel Maulana Abruro
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:54
Last Modified: 08 Aug 2024 05:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72074

Actions (login required)

View Item View Item