Studi tentang pengaruh pendidikan Pondok Pesantren Al Islah terhadap prestasi belajar siswa bidang studi agama Islam di SMU Assa’adah Bungah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aini, Nur (1999) Studi tentang pengaruh pendidikan Pondok Pesantren Al Islah terhadap prestasi belajar siswa bidang studi agama Islam di SMU Assa’adah Bungah Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (754kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana keaktifan santi dalam mengikuti kegiatan pendidikan agama di pondok Pesantren Al-Islah, (2) bagaimana prestasi belajar pendidikan agama Islam santri yang bersekolah di SMU Assa'adah tersebut, (3) adakah pengaruh pendidikan agama di pondok pesantren terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di sekolah bagi santri pondok pesanten Al-Islah tadi, (4) sejauhmana pengaruh pendidikan pondok pesantren terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam di sekolah bagi satri pondok pesantren Al-Israh Bungah Gresik. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasi semua jumlah santri pondok al Islah yang berjumlah 272 orang, dan sampelnya diambil 20% dari jumlah populasi yang dibulatkan menjadi 50 santri, teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, interview, documenter dan angket, sedangkan analisis datanya dengan metode statistrik dan non statistik yang menggunakan rumus koefisiensi korelasi prouduct moment. Penelitian ini memberikan sustu kesimpulan bahwa: (1) santri selalu aktif dalam kegiatan dan mempunyai motivasi belajar yang cukup tinggi, sehingga proses belajar mengajar di Pondok Pesatren Al-Islah berjalan dengan baik, hal ini berdasarkan hasil perhitungan angket yang disebarkan pada santri dengan alternative jawaban A sebanyak 900 sedangkan B sebanyak 330 dan C sebanyak 17, (2) prestasi belajar santri bidang studi agama Islam yang bersekolah di SMU Assa'adah tersebut menunjukkan hasil yang menggembirakan sebab terhitung 16 siswa (8%) yang mendapat nilai rendah sedangkan 34 siswa (17%) yang mendapat nilai tinggi, (3) bahwa pendidikan agama di pondok pesantren ada pengaruhnya terhadap prestasi belajar santri. Hal ini terbukti dengan perhitungan korelasi product momen yang menunjutkan nilai 0,682 yang lebih besar dari nilai r product moment dalam tabel 0,273, (4) adapun tingkatt pendidikan agama di pondok pesantren dalam pengaruhnya terhadap prestasi belajar bidang studi agama Islam santri di sekolah, menunjukkan tingkat yang cukup atau sedang. Hal ini terbukti bahwa nilai dari perhitungan product moment seksar 0,682 terletak antara nilai 0,600 sampai dengan 0,800 dalam tabel interprestasi nilai r.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aini, Nur-D01395136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKadir, Abd.kadirqi@yahoo.co.id2003085301
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2016 01:44
Last Modified: 16 Apr 2021 16:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7208

Actions (login required)

View Item View Item