Konsep ru'yatullah perspektif Ibn 'Arabi: studi tematik penafsiran ayat-ayat ru'yatullah dalam tafsir al-Qur'an al-Karim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

ash Shufiyah, Fathimatuz Zahro' (2024) Konsep ru'yatullah perspektif Ibn 'Arabi: studi tematik penafsiran ayat-ayat ru'yatullah dalam tafsir al-Qur'an al-Karim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fathimatuz Zahro' Ash Shufiyah_E93217061 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Fathimatuz Zahro' Ash Shufiyah_E93217061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pada penelitian ini penulis akan meneliti bagaimana konsep ru’yatullah menurut penafsiran Ibnu ‘Arabi dalam kitab Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. hal ini dikarenakan Ibnu Arabi memaparkan dalam penafsirannya terhadap QS. Ail-A'raf ayat 143 bahwasannya Naibi Musa berkata "Aku melihat Tuhanku dengan Penglihatan Tuhanku" Pemaparan Ibnu Arabi inilah yang menurut penulis perlu dikaji lebih lanjut. Oleh karenanya dalam penelitian ini penulis akan memaparkan penafsiran Ibnu ‘Arabi terhadap ayat-ayat ru’yatullah dan konsep utuh ru'yatullah yang dibangun Ibnu 'Arabi dalam penafsirannya. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penulis dan pembaca mengenai penafsiran Ibnu ‘Arabi terhadap ayat-ayat ru’yatullah serta pengetahuan ru’yatullah yang dibangun dari penafsiran tersebut. Untui1k memperoleh tujuan tersebut di sini penulis menggunakan metode penelitian deskriptif serta metode penelitian tafsir tematik. Menggunakan data primer yang bersumber dari Alquran serta salah satu kitab karya Ibnu ‘Arabi yakni Tafsir Al-Qur’an Al-Karim. Adapun data sekunder yang digunakan bersumber dari buku, jurnal, serta arti1kel yang berkaitan dengan penelitian ini. Untuk mendapatkan data-data tersebut diperlukan suatu metode mengumpulkan data, dalam hal ini menggunakan metode Library Research yakni dengan memanfaatkan perpustakaan untuk mendapatkan dan mengolah data yang diperlukan. Dalam hal ini dapat ditemukan kesimpulan, Ibnu ‘Arabi dalam tafsirnya menggambarkan Ru’yatullah sebagai proses bertajallinya Allah ke dalam hati manusia beserta makhluk-Nya. Dan proses menuju pengetahuan itu dapat melalui metode untuk memperoleh pengetahuan ma’rifat yang telah disepakati oleh kaum sufi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
ash Shufiyah, Fathimatuz Zahro'ashufiyah20zara@gmail.comE93217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdwanebel@uinsa.ac.id2004039001
Subjects: Tasawuf
Tafsir
Keywords: Ru’yatullah; Ibnu ‘Arabi; tafsir al-Qur'an al-Karim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: fathimatuz zahro ash shufiyah
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:15
Last Modified: 24 Jul 2024 04:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72080

Actions (login required)

View Item View Item