Pengaruh solution focused brief therapy untuk mengurangi trauma kdrt orang tua pada wanita di Desa Krikilan Driyorejo Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisa, Latifatul (2023) Pengaruh solution focused brief therapy untuk mengurangi trauma kdrt orang tua pada wanita di Desa Krikilan Driyorejo Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Latifatul Anisa_B73219077.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Latifatul Anisa_B73219077_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh solution focused brief therapy untuk mengurangi trauma KDRT orang tua pada wanita di Desa Krikilan Driyorejo Gresik. Untuk mengkaji permasalahan ini, peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimental dengan single subject research. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan desain A-B-A dimana pengukuran dilakukan dalam 3 fase, yaitu fase baseline 1 (A1), fase intervensi (B), dan fase baseline 2 (A2). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis visual grafik dengan memasukkan data ke dalam grafik dan kemudian dianalisis sesuai dengan komponen di setiap kondisi baseline (A1), intervensi (B), baseline (A2). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh solution focused brief therapy untuk mengurangi trauma KDRT orang tua pada wanita di Desa Krikilan Driyorejo Gresik. Dibuktikan dengan adanya penurunan frekuensi dari setiap perilaku kecemasan yang nampak pada saat pengambilan data sebelum dan sesudah dilakukan intervensi. Dari setiap indikator kecemasan yang nampak menghasilkan kecenderungan arah menurun dengan rentang 4-2 (+) sehingga tingkat perubahannya selisih 2 poin. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa kecemasan yang dialami oleh konseli menurun melalui pendekatan solution focused brief therapy.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisa, Latifatullatifatulanisa7@gmail.comB73219077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwatah, Suwatah--2115126401
Thesis advisorAmriana, Amrianaamriana@uinsby.ac.id2111048901
Subjects: Bimbingan Konseling
Kekerasan
Wanita
Keywords: Solution focused brief therapy; trauma; KDRT
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Latifatul Anisa
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:22
Last Modified: 23 Jul 2024 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72083

Actions (login required)

View Item View Item