Humanisme Islam: studi pemikiran Ahmad Fuad Fanani

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khuluq, Akhsanul (2024) Humanisme Islam: studi pemikiran Ahmad Fuad Fanani. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Akhsanul Khuluq_E91217030.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akhsanul Khuluq_E91217030_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Humanisme selalu relevan dalam sejarah karena berkaitan dengan kehidupan manusia di Timur dan Barat. Di tengah gejolak dunia, seperti peperangan, humanisme Barat menunjukkan ambiguitasnya. Meskipun menciptakan paradigma baru yang menempatkan manusia sebagai pusat alam semesta, banyak aspek kemanusiaan belum terpenuhi. Sebaliknya, humanisme Islam menekankan hubungan harmonis antara manusia dan Tuhan serta pembebasan spiritual. Islam menghadapi tantangan global seperti sektarianisme dan intoleransi, namun memiliki potensi untuk perdamaian dan harmoni. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: pertama, bagaimana konsep humanisme Islam dalam buku Islam Agama untuk Manusia karya Ahmad Nur Fanani, dan kedua, bagaimana makna hermeneutik humanisme Islam dalam buku tersebut ditinjau menurut Hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Adapun tujuan penelitian ini adalah: pertama, untuk mengetahui konsep Islam dan humanisme dalam buku Islam Agama untuk Manusia karya Ahmad Nur Fanani, dan kedua, untuk menganalisis makna hermeneutik dari implementasi nilai-nilai Islam dan humanisme dalam buku tersebut menurut Hermeneutika Hans-Georg Gadamer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian kepustakaan, mengandalkan data dari literatur seperti jurnal ilmiah, buku, dan sumber relevan lainnya. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua: data primer berupa buku Islam Agama untuk Manusia karya Ahmad Nur Fanani, diterbitkan oleh Mizan pada 2020, dan data sekunder berupa literatur pendukung tentang Islam dan humanisme. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif, melibatkan penjelasan sistematis terhadap konsep Islam dan humanisme dalam buku tersebut, serta analisis komprehensif terhadap konsep-konsep dasar yang menjadi fokus kajian. Hasil penelitian menemukan bahwa buku ini menekankan relevansi Islam dalam kehidupan modern dengan nilai-nilai multikulturalisme, keadilan sosial, dan progresivisme, serta pentingnya ruang publik inklusif dan netralitas negara untuk melindungi hak-hak minoritas. Fanani juga mendorong pemberantasan korupsi dan menentang perda syariat yang mengancam pluralisme. Analisis dengan hermeneutika Gadamer menyoroti pra-pemahaman, efektivitas sejarah, peleburan horizon, dan penerapan nilai-nilai Islam dalam konteks pribadi pembaca untuk mendukung hak-hak minoritas, reformasi hukum, dan perlawanan terhadap korupsi sebagai wujud dari humanisme

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khuluq, Akhsanulahsanulkhuluq95@gmail.comE91217030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com0704067302
Subjects: Agama
Filsafat
Islam dan Humanisme
Keywords: Humanisme Islam; hermeneutika; kemanusiaan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Akhsanul Khuluq
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:10
Last Modified: 23 Jul 2024 07:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72084

Actions (login required)

View Item View Item