Kebebasan beragama dalam al-Qur’an: studi komparasi kitab tafsir fi Zhilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb dan kitab tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Vega Anugra (2024) Kebebasan beragama dalam al-Qur’an: studi komparasi kitab tafsir fi Zhilal al-Qur’an karya Sayyid Qutb dan kitab tafsir al-Munir karya Wahbah az-Zuhaili. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vega Anugra Darmawan_E03217049 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Vega Anugra Darmawan_E03217049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki konsep kebebasan beragama dalam Al-Qur'an melalui analisis komparatif antara dua tokoh utama Tafsi>r kontemporer, yaitu Sayyid Qut}b dan Wahbah Az-Zuh}aili. Fokus utama penelitian ini adalah memahami bagaimana kedua Tafsi>r tersebut menginterpretasikan dan mengaplikasikan konsep kebebasan beragama dalam konteks ayat-ayat Al-Qur'an yang relevan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis teks komprehensif dari dua kitab Tafsi>r tersebut, dengan pendekatan hermeneutika untuk memahami konteks historis dan teologis dari pandangan masing-masing tokoh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun keduanya mengakui pentingnya kebebasan beragama dalam ajaran Islam, pendekatan Sayyid Qut}b lebih menekankan pada aspek-aspek politik dan perlawanan terhadap penindasan, sementara Wahbah Az-Zuh}aili lebih menekankan pada landasan hukum dan hak asasi manusia dalam konteks kebebasan beragama. Temuan ini memberikan wawasan mendalam tentang interpretasi Al-Qur'an terkait kebebasan beragama dari dua perspektif yang berbeda, serta implikasinya terhadap pemikiran Islam kontemporer. Kesimpulan dari penelitian ini memberikan pemahaman tentang bagaiamana penafsiran dan penjelasan tentang kebebasan beragama dalam surat Al-Baqarah ayat 256 menurut Sayyid Qut}b dan Wahbah Az-Zuh}aili. Implikasi dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai spiritual al-Qur’an, serta masyarakat umum yang tertarik pada pemahaman yang lebih mendalam tentang pesan-pesan al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Vega Anugrasepatumac2@gmail.comE03217049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id2016047602
Subjects: Kerukunan Beragama
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kebebasan beragama; tafsir fi Zhilal al-Qur’an; tafsir al-Munir
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Vega Anugra Darmawan
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:36
Last Modified: 24 Jul 2024 04:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72088

Actions (login required)

View Item View Item