Representasi isolasi sosial travis bickle pada film Taxi Driver

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasibuan, Rowan Ananda (2024) Representasi isolasi sosial travis bickle pada film Taxi Driver. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rowan Ananda Hasibuan_04020520081 OK.pdf

Download (925kB)
[img] Text
Rowan Ananda Hasibuan_04020520081 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana representasi isolasi sosial pada film Taxi Driver (1976). Penelitian ini merupakan penelitian teks media dengan pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Pembahasan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan maraknya fenomena masyarakat, terutama pada generasi milenial terhadap ketidakstabilan mental, depresi, dan isolasi sosial. Kemudian peneliti mengambil film Taxi Driver sebagai subjek dimana film tersebut telah rilis puluhan tahun yang lalu namun pesannya memiliki kaitan yang erat dengan realita masyarakat sekarang. Kemudian peneliti ingin mengetahi bagaimana representasi seseorang yang mengalami isolasi sosial digambarkan dalam film ini. Kemudian peneliti ingin mengetahui bagaimana ciri-ciri, perilaku, sifat, pola pikir serta gambaran fisik seseorang yang mengalami isolasi sosial dari masyarakat agar pembaca lebih peka terhadap perilaku orang terdekat di lingkungan sekitar yang dirasa mengalami hal tersebut sehingga mengerti bagaimana cara mengatasinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek dalam film yang menunjukkan ciri-ciri, perilaku, sifat, pola pikir serta gambaran fisik seseorang yang mengalami isolasi sosial.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasibuan, Rowan Anandarowan.ananda@gmail.com04020520081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBustomi, Abu Amarabu.amar@uinsby.ac.id2104027101
Subjects: Komunikasi
Sosiologi
Keywords: Representasi; Isolasi Sosial; Semiotika
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Rowan Ananda Hasibuan
Date Deposited: 31 Jul 2024 02:24
Last Modified: 31 Jul 2024 02:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72092

Actions (login required)

View Item View Item