Peran kegiatan majelis dibaiyyah putri terhadap spiritualitas jamaah di Desa Paoran

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hamidah, Siti (2024) Peran kegiatan majelis dibaiyyah putri terhadap spiritualitas jamaah di Desa Paoran. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Hamidah_E97217077.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Siti Hamidah_E97217077_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup dan melakukan kegiatan sehari-hari tanpa adanya interaksi dengan orang lain. Banyak kegiatan yang di dalamnya terjadi interaksi sosial, salah satunya adalah kegiatan keagamaan yang disebut Majelis Dibaiyyah. Dalam kegiatan ini umat Islam bersama-sama melantunkan sholawat untuk Nabi Muhammad. Pada saat ini kegiatan tersebut sudah menjadi kegiatan rutinitas mingguan. Hal serupa juga terjadi di Desa Paoran, yang mana masyarakatnnya gemar membaca sholawat, sehingga mengikuti kegiatan Majelis Dibaiyyah. Kegiatan Majelis Dibaiyyah di Desa Paoran tidak hanya sekedar pembacaan sholawat, tetapi di dalamnya juga ada kegiatan lainya berupa kajian kitab fikih, pembacaan ayat-ayat al-Qur’an dan doa bersama. Dari kegiatan yang ada di Majelis tersebut timbulah pengaruh-pengaruh positif terutama dalam hal spiritualitas. Oleh sebab itu, penelitian ini mencoba menganalisis peran kegiatan majelis dibaiyyah putri terhadap spiritualitas jammah di Desa Paoran Bangkalan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang dihasilkan dalam penelitian kualitatif bersifat deskriptif, artinya berupa ucapan, tulisan dan perilaku yang diamati di lapangan. Dalam proses menggali data, peneliti menggunakan data primer berupa wawancara langsung dengan jamaah dan data sekunder berupa karya penelitian terdahulu. Pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara dan dokumtasi. Sementara untuk analisis data, data yang diperoleh dikelompokkan, kemudian disederhanakkan sehingga mudah dipahami. Ada tiga analisis, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil menunjukkan bahwa kegiatan majelis dibaiyyah putri berperan penting terhadap spiritualitas jamaah di desa Paoran. Melalui kegiatan majelis dibaiyyah jamaah merasakan dampak yang positif, mulai dari eratnya hubungan persaudaraan, hingga peningkataan keimanan dan ketaqwaan, hati merasa damai dan tenang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hamidah, Sitisitiham8820@gmail.comE97217077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafisahal2@gmail.com2013086001
Subjects: Spiritualisme
Keywords: Majelis dibaiyyah; spiritualitas; jamaah; Desa Paoran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Siti Hamidah
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:48
Last Modified: 23 Jul 2024 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72094

Actions (login required)

View Item View Item