Pola gerakan politik serikat buruh muslimin indonesia dalam meperjuangkan hak buruh : studi pada dewan pimpinan cabang Sarbumusi Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aliyah, Salma Milatun (2023) Pola gerakan politik serikat buruh muslimin indonesia dalam meperjuangkan hak buruh : studi pada dewan pimpinan cabang Sarbumusi Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Salma Milatun Aliyah_I01219031.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Salma Milatun Aliyah_I01219031_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 July 2027.

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keberadaan serikat buruh adalah kenyataan di Negara demokratis seperti Indonesia. Salah satu bentuk serikat buruh di Indonesia adalah Sarbumusi yang dalam Penelitian ini di fokuskan pada DPC Sarbumusi Bojonegoro dalam memperjuangkan hak buruh di Kabupaten Bojonegoro. Pada penelitian ini masalah yang akan dijawab adalah mengenai Pola gerakan politik DPC SARBUMUSI Bojonegoro dalam Memperjuangkan Hak Buruh di Kabupaten Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi dari beberapa buku, karya ilmiah yang relevan dengan penelitian ini. Informan yang dipilih yaitu Ketua, Sekertaris, dan salah satu anggota yang bekerja di pabrik wallet DPC Sarbumusi Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan teori gerakan sosial baru, serikat buruh, dan teori dinamika protes kolektif. Adapun hasil penelitian ini adalah pola gerakan yang dilakukan Sarbumusi Bojonegoro menggunakan cara internal yaitu pada pola gerakan ini menggunakan cara yang kooperatif dan berdialog sebagai pendekatan utamanya dalam memperjuangkan hak buruh. Pola gerakan Sarbumusi Bojonegoro dipengaruhi oleh konteks sosial ekonomi buruh dan gerakan Sarbumusi Bojonegoro memiliki hubungan dalam pengambilan keputusan terhadap penetapan hak buruh. Dalam melakukan gerakanya Sarbumusi Bojonegoro dihadapkan oleh beberapa dinamika yaitu terkait Keorganisasian, kondisi kerja dan regulasi pemerintahan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aliyah, Salma Milatunmilatunsalma@gmail.comI01219031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrakasita, Ajeng Widyaajengwidyaprs@gmail.com2023029502
Subjects: Politik
Keywords: Pola gerakan; hak buruh; buruh; Sarbumusi Bojonegoro
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: salma milatun aliyah
Date Deposited: 23 Jul 2024 07:44
Last Modified: 23 Jul 2024 07:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72095

Actions (login required)

View Item View Item