Konsep keluarga harmonis dalam alquran: studi tematik kitab tafsir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanafi, Abu (2024) Konsep keluarga harmonis dalam alquran: studi tematik kitab tafsir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abu Hanafi_E03219001 OK.pdf

Download (512kB)
[img] Text
Abu Hanafi_E03219001 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Alquran merupakan kitab yang telah dirutunkan oleh Allah Swt sebagai petunjuk bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini. Alquran memuat banyak sekali mengenai pembahasan penting yang perlu dikaji salah satunya yakni mengenai keluarga, dimana dalam kehidupan manusia keluarga merupakan hal penting karena merupakan mulainya kepemimpinan kecil yang berada ditengah masyarakat. Keluarga juga merupakan tempat dimana manusia mendapatkan pelajaran dan pendidikan untuk menjalani kehidupannya, namun pada saat ini masih banyak terjadi kasus perceraian yang disebabkan oleh berbagai masalah. Hal ini yang menunjukan bahwa masih ada kesulitan dan kesadaran sekitar untuk memahami petunjuk Alquran dalam menjaga keutuhan dan membangun keluarga yang harmonis. Dalam penulisan penelitian ini, penulis mencoba untuk memberikan penjelasan mengenai penafsiran para mufassir mengenai ayat-ayat tentang keluarga harmonis dan konsep keluarga harmonis dalam Alquran. Dengan menggunakan jenis penelitian library research atau penelitian pustaka dengan objek Alquran dan kitab Tafsir. Sedangkan dalam pengkajian ayat penulis menggunakan metode tematik yakni mengumpulkan ayat-ayat Alquran yang memiliki kesamaan pemabahasan, tanpa harus adanya term atau ayat yang dikaji harus satu surat. Setelah dilakukannya penelitian mengenai konsep keluarga harmonis dan pembacaan terhadap penafsiran ayat-ayat tentang keluarga harmonis, maka telah disimpulkan bahwa apa yang dimaksud keluarga harmonis dalam Alquran adalah keluarga sakinah, mawaddah, dan rahmah seperti pada QS. Ar-Rum ayat 21 yang tidak lain merupakan tujuan dari kehidupan rumah tangga. Sedangkan dalam ayatayat lain hanya sebagai tuntunan untuk mempermudah mencapai tujuan tersebut yang meliputi, 1). pemilihan pasangan QS. Al-Baqarah 2: 221 yang setara untuk mempermudah membangun keluarga harmonnis, 2). Saling memenuhi tanggung jawab untuk membantu menjaga diantara anggota keluarga QS. At-Tahrim 66: 6, 3). memperkokoh rasa cinta diantara anggota agar senantiasa diselimuti mawaddah dalam mengharmoniskan keluarga QS. Ar-Rum 30: 21, 4). mu’asyaroh bi al-ma’ruf atau berusaha selalu bersikap baik dan lemah lembut kepada istri/pasangan QS. AnNisa’ 4: 19, 5). Solusi penyelesaian masalah ketika suatu masalah dirasa tidak dapat diselesaikan antara mereka, maka solusi terakhir yakni menghadirkan hakim atau pihak ketiga sebagai pembantu untuk menyelesaikan masalah QS. An-Nisa 4: 35.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanafi, Abukhobbirabdul88@gmail.comE03219001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulabdulkhobirrahmatullah@gmail.com0001614
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Keluarga Harmonis
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Hanafi Abu
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:32
Last Modified: 24 Jul 2024 01:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72108

Actions (login required)

View Item View Item