Analisis kesalahan siswa dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahdah, Lathifah Zuhrotul (2024) Analisis kesalahan siswa dan pemberian scaffolding dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lathifah Zuhrotul Wahdah_06020420031 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lathifah Zuhrotul Wahdah_06020420031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Soal HOTS menjadi bekal siswa menghadapi permasalahan kehidupan khususnya yang berkaitan matematika karena menuntut siswa untuk berpikir dengan luas serta mendalam. Meskipun begitu, masih banyak temuan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Dalam mengurangi kuantitas kesalahan, diperlukan scaffolding dari mentor maupun orang yang berpengetahuan lebih tinggi. Penelitian ini memiliki tujuan guna mendeskripsikan kesalahan siswa, faktor penyebab, dan scaffolding yang dapat diberikan untuk mengurangi kuantitas kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif memanfaatkan teknik pengumpulan data tes tertulis, wawancara serta pemberian scaffolding. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MAN 1 Gresik dengan jumlah 6 subjek dengan ketentuan masing-masing 2 siswa bagi setiap jenis kesalahan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar tes tertulis, pedoman wawancara, dan pedoman scaffolding. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan teknik kondensasi data, penyajian data, lalu penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini antara lain: (1) kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika tipe HOTS adalah a) kesalahan konseptual yaitu tidak dapat mengidentifikasi, mendeskripsikan, serta menggunakan informasi titik puncak dan soal dengan grafik beserta rumusnya, b) kesalahan prosedural yaitu tidak melanjutkan proses mendapatkan fungsi kuadrat, melewatkan sebagian pembuktian pernyataan, dan tidak membuat kesimpulan dari soal., c) kesalahan teknik yaitu tidak dapat menghitung operasi terkait tanda positif negatif, pindah ruas, operasi aljabar, dan kesalahan dalam penyalinan (2) faktor penyebab terjadinya kesalahan siswa adalah ketidakmampuan subjek dalam menangkap makna soal, memahami konsep, subjek belajar dengan tidak serius, kebiasaan menghafal rumus sehingga mudah lupa, kurangnya siswa berlatih mengerjakan soal, ketidakpahaman langkah-langkah penyelesaian yang sesuai dan tepat, kurang terampil dan cermat dalam melibatkan operasi hitung, perpindahan ruas bilangan positif negatif, dan operasi hitung aljabar, serta terburu sehingga tidak memeriksa hasil jawabannya kembali. (3) bentuk scaffolding yang diberikan pada kesalahan konseptual yaitu level 2 explaining dan reviewing. Pada kesalahan prosedural yaitu level 2 explaining, reviwing, restructuring dan level 3 developing conseptual thinking. Pada kesalahan teknik yaitu level 2 explaining, reviewing, dan restructuring. Sebelum pemberian scaffolding subjek mengalami kesalahan pada 2 hingga 3 indikator. Sesudah diberikan scaffolding, subjek kesalahan prosedural pertama dan kedua belum mengatasi 1 indikator kesalahan pada 1 soal saja, selebihnya kesalahan sudah tidak terjadi pada subjek lainnya untuk semua indikator.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahdah, Lathifah Zuhrotullathifahzuhrotul@gmail.com06020420031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsa.ac.id2028098401
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Pendidikan
Pendidikan > Metode
Keywords: Analisis Kesalahan; Scaffolding; Matematika; HOTS
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Lathifah Zuhrotul Wahdah
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:39
Last Modified: 25 Jul 2024 05:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72110

Actions (login required)

View Item View Item