Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, TPT, dan IPM terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arianti, Bella Dahniar (2024) Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, TPT, dan IPM terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bella Dahniar Arianti_08020120034 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bella Dahniar Arianti_08020120034 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan tantangan kemanusiaan yang menghalangi kemajuan dan keadilan sosial, sehingga semua pihak sepakat bahwa langkah-langkah untuk mengurangi bahkan menghapus kemiskinan harus diambil. Salah satu tujuan dari konsep pembangunan berkelanjutan adalah mencapai nol kemiskinan. Beberapa faktor yang dapat memengaruhi tingkat kemiskinan di Provinsi Jawa Timur meliputi pertumbuhan ekonomi, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT), dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pertumbuhan Ekonomi, TPT, dan IPM terhadap Kemiskinan di Provinsi Jawa Timur Tahun 2018-2022”. Penelitian ini bertujuan untuk memahami dan mengevaluasi pengaruh pertumbuhan ekonomi, TPT, dan IPM terhadap kemiskinan berdasarkan konsep dari SDGs di Provinsi Jawa Timur secara parsial dan simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif dengan memanfaatkan data sekunder yang dikumpulkan dari situs resmi Badan Pusat Statistik, baik di tingkat kabupaten/kota, provinsi, maupun nasional, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Provinsi Jawa Timur. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil pengujian menyatakan bahwasanya model terbaik yang dipilih adalah model FEM. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwasanya secara parsial, variabel pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh negatif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan. Variabel TPT memiliki pengaruh positif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan. Variabel IPM memiliki pengaruh negatif dan berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan. Secara simultan, pertumbuhan ekonomi, TPT, dan IPM berpengaruh secara signifikan terhadap kemiskinan di Jawa Timur tahun 2018-2022. Dari penelitian ini, untuk mencapai tujuan Sustainable Development Goals (SDGs), diperlukan keseimbangan sosial dan ekonomi dalam upaya pemberantasan kemiskinan di suatu wilayah. Bukan sekedar meningkatkan pertumbuhan ekonomi, tetapi juga perlu menekankan pada pemerataan distribusi pendapatan. Hal ini akan menghasilkan peningkatan tingkat kesejahteraan masyarakat, mengurangi ketimpangan antar wilayah, dan meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatan IPM di setiap wilayah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arianti, Bella Dahniarbelladahniar398@gmail.com08020120034
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIstiandari, Debby Nindyadebbynindya@gmail.com0414129501
Subjects: Kemiskinan
Keywords: kemiskinan; pertumbuhan ekonomi; TPT; IPM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Bella Dahniar Arianti
Date Deposited: 24 Jul 2024 02:05
Last Modified: 24 Jul 2024 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72118

Actions (login required)

View Item View Item