This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Hayati, Nur (2000) PENGARUH AKTIVITAS PENDIDIKAN PONDOK PESANTREN TARBIYATUS SYUBBAN TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MTS AL- FUDLOLA' PORONG SIDOARJO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (563kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (635kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (312kB) | Preview |
Abstract
Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: apakah aktifitas pondok peesantren Tarbiyatus Syubban berpengaruh terhraclap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam di MTs al-Fudlola' Porong Sidoarjo, apakah aktifitas pondok pesantren Tar-biyatus Syubban berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar pendidikan agama Islam di MTs. al-Fudlola' yang mencakup: al-Qur'an, Hadits, Akidah Akhlak, Sejarah Kebudayaan Islam, Bahasa Arab dan Fiqh. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini dengan populasi quasi eksperimen (eksperimen pura-pura) karena yang diteliti dari hasil nilai raport siswa yang berjumlah 160 siswa, dan sampelnya sebanyak 40 siswa mulai dari kelas I sampai kelas III, teknik pengumpulan datanya dengan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang analisa datanya dengan metode diskriptif untuk menganalisa data yang bersifat kualitatif dan metode statistik untuk menganalisa data yang bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi prouduct moment. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) aktifitas pendidikan pondok pesantren Tarbiyatus Syubban adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara berkesinambungan menuju cita-cita yang diharapkan yaitu menyiapkan kader- kader muslimin dan muslimat yang mampu bertanggung jawab dan mampu mengaplikasikan syari’at Islam yang sesui tuntunan al-Qur'an dan Hadits dalam kehidupan sehari-hari. Dan dalam pelaksanaanya memakai sistem campuran yaitu sistem non klasikal (wetonan dan sorogan) dan sistem klasikal (madrasah diniyah), (2) prestasi belajar pendidikan agama Islam adalah suatu hasil atau kemampuan yang diperoleh siswa-siswi setelah rnengikuti pelajaran pendidikan agama lslam yang tertulis dalarn raport. Sedangkan prestasi pendidikan agarna lslam yang dicapai oleh siswa tahun ajaran 1999/2000 dapat dikatakan lebih dari cukup berdasarkan kriteria penilaian yang telah ditetapkan, (3) berdasarkan anlisis product moment rnenuajukkan bahwa aktifitas pendidikan pondok pesantren mempunyai pengaruh yang besar dalam meningkaikan prestasi belajar pendidikan agama lslam di MTs al-Fudlola'. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan rxy = 0,912 dan 5% =0,312.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | M. Kasiful Anwar | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan Islam Pesantren |
||||||
Keywords: | Pesantren; prestasi belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Users 283 not found. | ||||||
Date Deposited: | 01 Jul 2016 02:17 | ||||||
Last Modified: | 01 Jul 2016 02:17 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7212 |
Actions (login required)
View Item |