Pengukuran usability sistem pembayaran non tunai quick response indonesian standart (QRIS) terhadap keputusan penggunaan pada aplikasi DANA: studi pada konsumen dana generasi Z di Kota Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mafaza, Aunillah (2023) Pengukuran usability sistem pembayaran non tunai quick response indonesian standart (QRIS) terhadap keputusan penggunaan pada aplikasi DANA: studi pada konsumen dana generasi Z di Kota Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aunillah Mafaza_G03219008_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Aunillah Mafaza_G03219008.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengukuran usability menjadi variabel dalam penelitian ini menarik berkaitan dengan keputusan penggunaan dalam menghadapi kebutuhan dan keinginan konsumen atau pengguna yang melakukan transaksi sistem pembayaran non tunai. Subjek penelitian ini adalah responden yang melakukan transaksi sistem pembayaran non tunai Quick Response Indonesian Standart (QRIS) pada aplikasi DANA. Penelitian ini menganalisis tentang pengukuran usability sistem pembayaran non tunai Quick Response Indonesian Standart (QRIS) pada aplikasi DANA terhadap keputusan penggunaan Generasi Z di Kabupaten Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer yang didapat dari kuesioner dengan menggunakan skala pengukuran 1-5 yang bernilai positif. Dengan menggunakan perhitungan rumus slovin, diperoleh jumlah sampel penelitian ini adalah sebanyak 100 responden Generasi Z di Kabupaten Sidoarjo. Dalam melakukan uji intrumen dan hipotesis, peneliti menggunakan analisis Statistical Program for Social Science (SPSS) versi23. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pengukuran usability sistem pembayaran non tunai Quick Response Indonesian Standart (QRIS) pada aplikasi Dana berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap keputusan penggunaan Generasi Z di Kabupaten Sidoarjo. Adapun pengukurannya menggunakan 5 indikator sebagai alat ukur penelitiannya yaitu: Learnbility, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Pelnellitian ini melmiliki keltelrbatasan pada variabell yang hanya melnggulnakan pelngulkulran ulsability sistelm pelmbayaran Qulick Relspondel Indonelsian Standart (QRIS) telrhadap kelpultulsan pelnggulnaan pada aplikasi DANA. Seldangkan masih banyak indikator lain yang melmulngkinkan melmiliki pelngarulh telrhadap kelpultulsan pelnggulnaan yang bellulm diulngkapkan dalam pelnellitian ini. Saran bagi pelrulsahaan selbaiknya lelbih melmpelrhatikan layanan dan sistelm pada sistelm pelmbayaran QRIS (Qulick Relsponsel Indonelsian Standart) pada aplikasi DANA agar tidak telrjadi kelsalahan yang melnyelbabkan kulrang telrtariknya minat masyarakat. Pelrulsahaan julga pelrlul melningkatkan fokuls telrhadap pelningkatan hulbulngan baik delngan seltiap pelnggulna QRIS pada aplikasi DANA delngan mellakulkan kelrjasama yang dapat melmbulat pelnggulna melrasa lelbih muldah dalam mellakulkan transaksi digital. Pelnellitian ini melmiliki keltelrbatasan pada variabell yang hanya melnggulnakan pelngulkulran ulsability sistelm pelmbayaran Qulick Relspondel Indonelsian Standart (QRIS) telrhadap kelpultulsan pelnggulnaan pada aplikasi DANA. Seldangkan masih banyak indikator lain yang melmulngkinkan melmiliki pelngarulh telrhadap kelpultulsan pelnggulnaan yang bellulm diulngkapkan dalam pelnellitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mafaza, AunillahAunillahmafaza@gmail.comUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLaila, Nurlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsa.ac.id2005098202
Subjects: Internet
Komunikasi
Keywords: Pengukuran usability; keputusan penggunaan; quick response Indonesian standart (QRIS); DANA
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: Aunillah Mafaza
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:27
Last Modified: 29 Jul 2024 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72124

Actions (login required)

View Item View Item