Analisis faktor indeks pembangunan gender Provinsi Papua dengan menggunakan metode regresi linear berganda

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Eva Kusuma (2024) Analisis faktor indeks pembangunan gender Provinsi Papua dengan menggunakan metode regresi linear berganda. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eva Kusuma Wardani_H02218002.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Eva Kusuma Wardani_H02218002_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Salah satu aset penting dalam proses pembangunan adalah sumber daya manusia. Pembangunan manusia sering kali dikaitkan dengan isu kesetaraan gender, yang membahas upaya untuk mencapai kesetaraan antara laki-laki dan perempuan dalam rangka meningkatkan potensi manusia tanpa memandang jenis kelamin. Berdasarkan data BPS tahun 2023, terungkap bahwa Indeks Pembangunan Gender (IPG) Provinsi Papua termasuk yang terendah di antara provinsi-provinsi lain di Indonesia. Hal ini disebabkan karena minimnya penngetahuan, pendidikan yang belum merata dan kualitas sumberdaya manusia yang masih sangat rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktorfaktor yang mempengaruhi IPG provinsi Papua dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian diperoleh variabel Rata-rata Lama Sekolah (RLS) dan Pengeluaran Perkapita (PP) berpengaruh signifikan terhadap Indeks Pembangunan Gender (IPG). Dimana nilai koefisien determinasi sebesar 80,1% artinya variabel Angka Harapan Hidup (AHH), Rasio Jenis Kelamin (RJK), Rata-Rata Lama Sekolah (RLS), dan Pengeluaran Per Kapita (PP) memiliki pengaruh sebesar 80,1% terhadap Indeks Pembangunan Gender (IPG) dan sisanya sebesar 19,9% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Eva Kusumaevakw23@gmail.comH02218002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com2025127301
Subjects: Gender
Matematika
Statistik
Keywords: PG; regresi linear; Papua
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Eva Kusuma Wardani
Date Deposited: 24 Jul 2024 04:29
Last Modified: 24 Jul 2024 04:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72139

Actions (login required)

View Item View Item