Pengembangan modul ajar dengan pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi nearpod untuk melatih pemahaman konsep matematika siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Novi (2024) Pengembangan modul ajar dengan pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi nearpod untuk melatih pemahaman konsep matematika siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novi Fatmawati_06020420037.pdf

Download (8MB)
[img] Text
Novi Fatmawati_06020420037_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika siswa dapat dilatih melalui penggunaan modul ajar yang disusun secara sistematis oleh guru dalam mengelola aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran di kelas. Penelitian ini mengembangkan modul ajar dengan pendekatan matematika realistik berbantuan aplikasi Nearpod untuk melatih pemahaman konsep matematika siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses, kevalidan, dan kepraktisan modul ajar yang dikembangkan, serta untuk mengetahui tingkat pemahaman konsep matematika siswa setelah penerapan modul ajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas X-H di MAN 1 Pasuruan dengan jumlah peserta sebanyak 31 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi catatan lapangan (field note), validasi, angket respon guru, serta tes. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis catatan lapangan, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan modul ajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: (1) Proses pengembangan produk pada tahap analysis memperoleh data tentang kendala kegiatan pembelajaran matematika, rendahnya pemahaman konsep matematika siswa, kurikulum, dan materi pokok yang digunakan di MAN 1 Pasuruan. Tahap design meliputi perancangan konseptual modul ajar. Tahap development, modul ajar dikembangkan sesuai dengan rancangan konseptual yang telah dibuat sebelumnya, diikuti dengan proses validasi dan revisi berdasarkan masukan dari para validator. Tahap implementation melibatkan penerapan modul ajar kepada siswa kelas X-H di MAN 1 Pasuruan, sementara pada tahap evaluation, dilakukan penilaian dan evaluasi seberapa besar keefektifan modul ajar yang telah dikembangkan. (2) Modul ajar dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan sebesar 4,46 yang termasuk pada kriteria sangat valid. (3) Dari segi kepraktisan, modul ajar dinyatakan “praktis” berdasarkan analisis angket respon guru yang menunjukkan rata-rata persentase sebesar 88,2%, yang termasuk dalam kategori sangat positif. (4) Selain itu, modul ajar dinyatakan "efektif" untuk melatih pemahaman konsep matematika siswa, karena nilai rata-rata hasil tes seluruh siswa adalah 82,95.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Novinovifatmawatinovi@gmail.com06020420037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Keywords: Modul ajar; matematika realistik; nearpo; pemahaman konsep matematika siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Novi Fatmawati
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:36
Last Modified: 27 Jul 2024 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72145

Actions (login required)

View Item View Item