Intertekstualitas tafsir ahkam dalam tafsir Jami li Ahkam al Qur'an karya al Qurtubi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauzi, Abdulloh Umar (2024) Intertekstualitas tafsir ahkam dalam tafsir Jami li Ahkam al Qur'an karya al Qurtubi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdullah Umar Fauzi_07030320088 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Abdullah Umar Fauzi_07030320088.pdf

Download (973kB)

Abstract

Tulisan ini membahas dan menjelaskan bagaimana kajian intertekstualitas dalam tafsir al-Jami’li ahkam al-Qur’an karya Al-Qurtubi yang mana pada tafsir ini akan mengutip pendapat dari kitab tafsir sebelumnya sebagai referensi atau landasan, sehingga dalam hal ini sangatlah wajar apabila dalam kitab tafsir baru banyak sekali pendapat-pendapat dari kitab tafsir sebelumnya dan mengenai hal ini maka muncul sebuah teori intertekstualitas yang mana bahwa teks yang baru berdiri tidak akan lepas dengan teks lama yang sudah berdiri karena teks baru tidak akan mungkin bisa berdiri sendiri tanpa adanya teks yang melatar belakanginya, sehingga penulis menemukan bahwa ada intertekstualitas dalam karya Al-Qurtubi yakni tafsir al-Jami’li ahkam al-Qur’an yang mengutip banyak sekali pendapat dalam karya At-Tabari yakni tafsir Jami‘ al-Bayan fi Ta‘wil al-Qur‘an yang mana dalam kutipan tersebut mengenai ayat ahkam yang interpretasinya memiliki suatu korelasi dengan teks sebelumnya. Dari hasil penelaahan awal bahwa penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kajian Pustaka (library research) yang mana menerapkan metode kualiatif dengan memperoleh data dari berbagai sumber dan mencari data secara berkelanjutan sehingga terkumpul data yang terpenuhi, maka penelitian ini merupakan suatu analisis teks dengan mengkaji teks secara mendalam mengenai makna, isi, struktur dan lain sebagainya. Maka dari itu cocok digunakan dalam kajian intertektualitas yang memperoleh informasi dari berbagai sumber. Hasil dari penelitian skripsi ini mengungkap atau menjelaskan adanya hubungan intertekstulalitas kitab tafsir al-Jami’li ahkam al-Qur’an karangan Al-Qurtubi yang mengutip kitab tafsir Jami’ al-Bayan fi Ta’wil al-Qur’an karangan At-Tabari mengenai ayat berhubungan dengan persoalan-persoalan ibadah dalam Islam yang mana dalam skripsi ini mengambil 3 ayat dari banyak ayat yang tertera yakni surat al-Baqarah ayat 196, al-Baqarah ayat 115 dan al-Maidah ayat 6. Hubungan intertekstualitas pada 3 ayat tersebut yakni Al-Qurtubi yang mengutip pendapat At-Tabari dalam kitab tafsirnya yang mana dalam al-Baqarah ayat 196 menjelaskan tentang ibadah umrah dan haji apabila terkendala sakit atau terkepung oleh musuh maka wajib mengqadhanya, lalu pada al-Baqarah ayat 115 menjelaskan tentang musafir yang melaksanakan ibadah shalat sunah di atas hewan tunggangan atau kendaraan, dan yang ketiga pada surat al-Maidah ayat 8 yakni menjelaskan tentang tata cara berwudhu sebelum melakukan ibadah shalat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauzi, Abdulloh Umar07030320088@student.uinsby.ac.id07030320088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKamil, Ahmad ZaidanilZaidanil74@gmail.com199406302022031001
Subjects: Islam
Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Intertekstualitas; al-Jami’li ahkam al-Qur’an; al-Qurtubi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Fauzi Abdulloh Umar
Date Deposited: 26 Jul 2024 01:35
Last Modified: 26 Jul 2024 01:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72155

Actions (login required)

View Item View Item