Analisis penyakit diabetes melitus menggunakan regresi logistik biner: studi Kasus : UPT Puskesmas Teja Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anistya, Mery (2024) Analisis penyakit diabetes melitus menggunakan regresi logistik biner: studi Kasus : UPT Puskesmas Teja Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mery Anistya_09020220037 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Mery Anistya_09020220037 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Diabetes adalah kondisi metabolisme yang bersifat kronis, yang ditandai oleh peningkatan tingkat glukosa dalam darah. Penyakit ini telah menjadi permasalahan kesehatan global yang semakin meningkat jumlah kasusnya. Oleh karena itu, untuk mencegah penyakit ini, penting untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi serta ketepatan hasil pemodelan dengan menggunakan metode regresi logistik biner. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah regresi logistik biner, yang menggunakan variabel dependen bersifat biner, yang berarti variabel ini hanya memiliki dua kategori: terjadi atau tidak terjadi. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari UPT Puskesmas Teja di Kabupaten Pamekasan. Variabel-variabel yang diteliti meliputi: usia, jenis kelamin, keturunan, kebiasaan merokok, Indeks Massa Tubuh (IMT), tingkat glukosa, tingkat kolesterol, dan tekanan darah. Hasil penelitian menyatakan bahwa variabel yang berpengaruh pada diabetes adalah jenis kelamin dan kadar glukosa. Sementara itu, variabel usia, riwayat keluarga, kebiasaan merokok, IMT, kadar kolesterol, dan tekanan darah tidak menunjukkan pengaruh signifikan terhadap terjadinya diabetes. Model regresi logistik biner yang dibuat mencapai tingkat akurasi klasifikasi sebesar 87,1%, yang menunjukkan bahwa model ini kuat dalam memprediksi kejadian Diabetes Melitus pada Puskesmas Teja Pamekasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anistya, Merymeryanistya1532@gmail.com09020220037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalaputroue@uinsby.ac.id0728058802
Thesis advisorHakim, Lutfilutfihakimbungah@gmail.com--
Subjects: Matematika
Keywords: Diabetes; Kesehatan; Puskesmas; Regresi Logistik Biner
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Mery Anistya
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:57
Last Modified: 25 Jul 2024 01:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72169

Actions (login required)

View Item View Item