Pengembangan game untuk kasus verbal bullying di kalangan remaja sekolah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fajar, Istihar Bahi (0020) Pengembangan game untuk kasus verbal bullying di kalangan remaja sekolah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Istihar Bahi Fajar_09010620003 OK.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Istihar Bahi Fajar_09010620003 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Verbal bullying atau yang dikenal sebagai penghinaan verbal, telah menjadi fenomena global yang signifikan. Ini didefinisikan sebagai tindakan penghinaan yang disengaja melalui ucapan yang menargetkan individu dengan kekuatan fisik atau psikologis. menurut pada Radio Republik Indonesia bahwa 41% siswa dikalangan remaja sekolah indonesia mengalami perundungan, ini membuat indonesia menajdi negara dengan peringkat bullying terbanyak nomor 5. Penggunaan game menggunakan skenario game dengan model ADDIE digunakanan untuk edukasi pada siswa dan siswi dikalangan remaja, diawali dengan model Analisis dengan wawancara atau observasi, dilanjukan dengan skenario game desain, lalu dengan masuk ketahap development sebagai pengembangan aplikasi, sehingga setelah dilakukan itu maka masuk ke tahap implementasi, dan skenario terakhir yaitu evaluasi dengan menggunkan uji fungsionalitas (Blackbox Testing), Semakin banyak kasus verbal bullying di kalangan remaja, maka hal ini menjadik triger dalam pennelitian ini. Sehingga pengembangan game untuk kasus verbal bullying menjadi hal yang penting sebagai edukasi bagi kalangan remaja sekolah. Sistem dilakukan dengan mengintegrasikan elemen permainan untuk meningkatkan Usability remaja sekolah Penelitian ini bertujuan untuk membuat simulasi dan pemahaman kasus verbal bullying di kalangan remaja sekolah melalui pengembangan sistem game dan kemudian pengujian keefektifan game dengan menggunakan metode System Usability Scale(SUS). Sistem game dilakukan dengan mengintegrasikan elemen permainan untuk meningkatkan motivasi dan keterlibatan remaja sekolah dalam proses pembelajaran. Dengan sistem yang dikembangkan dengan menggunakan model ADDIE dapat membantu proses hingga selesai melalui 5 tahapan yang ada. Hasil implementasi tersebut dilakukan pengujian dengan menggunakan metode SUS untuk mengukur usability dan fungsionalitasnya. Rata-rata skor pengujian dengan menggunakan metode SUS mencapai 83,75. Skor tersebut menunjukkan bahwa mayoritas pengguna merasa sistem ini memiliki kegunaan yang baik dan cukup memadai dalam mendukung pengalaman bermain mereka. Persebaran skor ini memberikan gambaran jelas mengenai bagaimana sistem tersebut diterima oleh para pengguna dan menunjukkan bahwa sistem ini secara keseluruhan memiliki tingkat kegunaan yang tinggi. Sehingga kesimpulan bahwa game yang dibuat untuk kasus verbal bullying berhasil dibuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fajar, Istihar Bahiistiharfa02@gmail.com09010620003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolliawati, Dwidwi_roll@uinsby.ac.id2027097901
Thesis advisorNooriansyah, Subhansubhan.nooriansyah@uinsby.ac.id--
Subjects: Teknologi
Keywords: Game; Verbal Bullying; ADDIE; System Usability Scale; Usability; Fungsionality
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Mr. Istihar Bahi Fajar
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:52
Last Modified: 25 Jul 2024 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72184

Actions (login required)

View Item View Item