Pengaruh Fraud Hexagon dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan dengan kebijakan anti korupsi sebagai variabel moderasi: studi empiris pada perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2020-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharani, Tiara Septyan (2024) Pengaruh Fraud Hexagon dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan dengan kebijakan anti korupsi sebagai variabel moderasi: studi empiris pada perusahaan sektor infrastruktur yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2020-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiara Septyan Maharani_08020220092 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Tiara Septyan Maharani_08020220092 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 June 2027.

Download (2MB)

Abstract

Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling yang menghasilkan total sampel penelitian sebanyak 29 perusahaan infrastruktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2020-2022 dengan 74 data pengamatan. Selain itu penelitian ini juga menggunakan metode penelitian normatif dengan pendekatan perundang-undangan. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik dan uji persamaan regresi linier berganda. Pada penelitian ini diperoleh hasil yang membuktikan bahwa variabel capability dengan proksi director change dan variabel opportunity dengan proksi ineffective monitoring memiliki pengaruh signifikan positif pada pendeteksian kecurangan laporan keuangan. Sedangkan, variabel stimulus dengan proksi financial stability, variabel rationalization dengan proksi audit opinion, variabel ego dengan proksi frequent number of CEO’s picture, dan variabel collusion dengan proksi stated owned enterprises tidak memiliki pengaruh pada pendeteksian kecurangan laporan keuangan, serta sanksi tegas berdasarkan Undang-undang No. 20 Tahun 2001 dan prosedur kebijakan anti korupsi yang efektif dapat memperlemah hubungan capability dan opportunity terhadap pendeteksian kecurangan laporan keuangan. Disarankan pada penelitian selanjutnya untuk dan memperluas sampel penelitian, serta menggunakan pengukuran lain pada variabel stimulus, rationalization, ego, dan collusion untuk memperoleh hasil penelitian yang berpengaruh atau lebih akurat pada pendeteksian kecurangan laporan keuangan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharani, Tiara Septyantiaraaasm13@gmail.com08020220092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwinia.dkw01@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Keywords: Kecurangan Laporan Keuangan; Fraud Hexagon; Kebijakan Anti Korupsi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Tiara Septyan Maharani
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:30
Last Modified: 25 Jul 2024 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72185

Actions (login required)

View Item View Item