Analisis maslahah terhadap pelaksanaan program kampung ASI Puskesmas Sidosermo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Nafahatur (2019) Analisis maslahah terhadap pelaksanaan program kampung ASI Puskesmas Sidosermo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafahatur Rohmah_C91215073 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nafahatur Rohmah_C91215073 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Orang tua sebagai orang yang diberi amanah, memiliki kewajiban untuk memenuhi setiap hak yang dimiliki anak, agar dapat mendukung perkembangan anak dengan baik. Sehingga menumbuhkan karakter anak yang berakhlak mulia dan memegang teguh prinsip-prinsip ajaran Islam.Perlindungan anak dalam Islam berarti menampakkan apa yang dianugerahkan oleh Allah. Setelah melahirkan, ibu memiliki tanggung jawab mendampingi bayi agar dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang optimal cara yang terbaik bagi ibu untuk memberikan kasih sayang dan mengoptimalkan potensi tumbuh kembang bayi adalah dengan memberikan ASI. Dengan adanya Program Kampung ASI yang telah dijalankan oleh Puskesmas Sidosermo sangat memberi manfaat bagi warga sekitar dan sesuai dengan teori maslahah. Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan yang membahas dan menganalisis Program Kampung ASI Puskesmas Sidosermo Surabaya dengan menggunakan teori maslahah.Skripsi ini dibatasi dengan dua permasalahan, yaitu tentang bagaimana pelaksanaan Program Kampung ASI puskesmas Sidosermo Surabaya dan bagaimana analisis maslahah terhadap Program Kampung ASI Puskesmas Sidosermo Surabaya. Skripsi ini merupakan penelitian lapangan yang mengambil lokasi di Puskemas Sidosermo Surabaya dan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi untuk pengumpulan datanya. Data yang sudah diambil dan dikumpulkan selanjutanya disusun dan dianalisis menggunakan deskriptif analitis dengan pola pikir deduktif berarti menggambarkan dan menjelaskan tentang Program Kampung ASI Puskesmas Sidosermo Surabaya, yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori Maslahah.Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa Program Kampung ASI adalah program yang telah dicanangkan oleh Dinas Kesehatan Surabaya dan dilaksanakan oleh Puskesmas Sidosermo Surabaya. Tujuan dari Program ini adalah untuk mendukung suksesnya program menyusui. Dalam hal ini sasaran dari Program Kampung ASI ini adalah ibu menyusui, ibu hamil, dan para ayah. Program ini berisi kegiatan edukasi, konsultasi, sosialisasi, pendampingan dan bahkan juga penyadaran pentingnya peran seorang ayah dalam hal ibu menyusui. Pelaksanaan Program Kampung ASI di Puskesmas Sidosermo Surabaya sesuai dengan mas}lah}ah dilihat dari kegiatan dan tujuan serta manfaatnya bagi masyarakat wilayah Puskesmas Sidosermo sesuai dengan tujuan syarak bahwa pemberian ASI pada bayi agar terhindar dari hal yang merugikan seperti angka ibu yang memberikan ASI meningkat dan terhindar dari gizi buruk. Berdasarkan penjelasan di atas dapat disarankan untuk para kader bahwa, program ini memang layak sekali untuk dilanjutkan dengan perbaikan pada beberapa aspek. Kader diharapkan lebih memperhatikan mengenai prosedur mengikuti program ini, lebih intensif dalam menjemput bola atau mengajak masyarakat daripada menunggu mereka datang dan lebih mempersiapkan materi yang akan disampaikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Nafahaturnafahaturrohma@gmail.comC91215073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNaily, Nabielanaily@uinsby.ac.id2026028101
Subjects: Air Susu Ibu
Kesehatan
Kesehatan

Masalah sosial
Keywords: Anak; ASI; Ibu Menyusui
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Nafahatur Rohmah
Date Deposited: 25 Jul 2024 02:17
Last Modified: 25 Jul 2024 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72194

Actions (login required)

View Item View Item