Moral disengagement pada pelaku cyber crime: carding di Perak Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indasari, Lily Nur (2022) Moral disengagement pada pelaku cyber crime: carding di Perak Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lily Nur Indasari_J71216066 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Lily Nur Indasari_J71216066.pdf

Download (913kB)

Abstract

Moral Disengagement adalah suatu proses dimana individu dapat melakukan tindakan yang dapat merugikan atau menyakiti orang lain, karena tidak aktifnya regulasi diri sehingga standar baik dan buruk tidak lagi berfungsi, yang menyebabkan individu melakukan perilaku amoral. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui moral disengagement pada pelaku cybercrime: carding. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi yang dilakukan kepada subjek dan significant other. Subjek dalam penelitian ini berinisial L berumur 21 tahun dan pernah terlibat dengan hukum. Subjek terlibat dalam kasus carding yaitu pencurian menggunakan kartu kredit orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa moral disengagement kondisi yang terjadi didalam keluarga sangat berpengaruh terhadap sikap anak kepada orang tua maupun lingkungan sekitar. Orang tua yang sering membandingkan anak dengan anak yang lain akan memunculkan sikap tidak percaya diri pada anak. Dimana anak juga tidak dilibatkan dalam pengambilan suatu keputusan dalam keluarga. Keluarga memiliki arti yang begitu penting dalam membangun perkembangan perilaku anaknya untuk dapat terbentuk kepribadian yang baik. Sehingga, orang tua tidak disarankan melakukan proteksi yang berlebihan kepada anaknya dan untuk tidak mengabaikan anaknya. Selain itu dibutuhkan juga kontrol diri serta motivasi dalam mengatasi lingkungan yang kurang mendukung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indasari, Lily Nurlilynur.indasari1198@gmail.comJ71216066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRasyidi, Hamimhamimrosyidi@gmail.com2024086201
Subjects: Psikologi Sosial
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Moral disengagement; cybercrime; carding
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Lily Nur Indasari
Date Deposited: 29 Jul 2024 08:00
Last Modified: 29 Jul 2024 08:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72208

Actions (login required)

View Item View Item