Peran kelompok nelayan dalam perekonomian desa padangdangan Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mahendra, Armanda Anggi Isa (2023) Peran kelompok nelayan dalam perekonomian desa padangdangan Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Armanda Anggi Isa Mahendra_H74218016.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Armanda Anggi Isa Mahendra_H74218016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Peran nelayan memiliki dampak yang signifikan dalam kemajuan kehidupan manusia. Mereka merupakan agen pembangunan yang sangat mempengaruhi akan perubahan lingkungan. Dengan sifat yang sangat terbuka dibandingkan dengan sekumpulan masyarakat yang ada di bagian pedalaman, para nelayan menjadi pendorong penerimaan kemajuan peradaban yang lebih modern. Fenomena ini menciptakan stereotip yang sangat baik terhadap identitas para nelayan, khususnya dalam konteks masyarakat pesisir. Kondisi kehidupan ekonomi masyarakat pesisir pantai, seperti Desa Padangdangan di Kabupaten Sumenep, seringkali tidak pasti. Terkadang masyarakat dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka,kadang-kadang tidak, ketidak seimbangan antara pendapatanmereka dan kebutuhan sehari hari mereka muncul karena ketergantungan pendapatan nelayan pada keadaan dan kondisi alam yang berlaku.menggunakan pendekatan pendekatan secara deskriptif dan secara kualitatifpenelitian ini mengumpulkan data deskriptif dalam buku Bahasa tertulis atau lisanserta peri;laku yang diamatiTemuan ini menggambarkan bahwa kegiatan kelompok kerja nelayan mencakup berbagai usaha social seperti kerja kolektif,perbaikan jarring,pemeliharaan kapal, pembersihan kapal dan peraktik keagamaan seperti,wirid .selain itu kegiatan Pendidikan,termasuk pelatihan pembuatan jarring dan pemanfaatan peralatan jarring,juga termasuk bagian kelompok nelayan.Dari sudut pandang ekonomi,kelompok ini terutama berfokus pada penjualan hasil tangkapan mereke kepada pengepul ikan di lokasi penjualan ikan (TPI).Aktifitas kelompok nelayan meliputi penyelenggaraan sesi pelatihan yang di fasilitasi oleh anggota layana kelautan,terlibat dalam diskusi mengenai perencanan untuk melaut,dan bertindak sebagai saluran untuk memperoleh berbagai bantuan fasilitas dari layanan dinas kelautan dan perikanan tantangan yang dihadapi oleh kelompok nelayan yang sering terjadi adalah adanya kondisi cuaca yang buruk yang menghambat kegiatan mereka, yang berdampak pada hasil tangkapan dan pendapatan. Selain itu, penggunaan alat tangkap tradisional juga menjadi kendala, membatasi hasil tangkapan dibandingkan dengan alat tangkap modern

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mahendra, Armanda Anggi Isah74218016@uinsby.ac.idH74218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHalim, Abdulhalimwahid70@gmail.com2012087001
Thesis advisorSawiji, Asrisawiji.asri@uinsa.ac.id2026068701
Subjects: Ekonomi
Ilmu Kelautan
Keywords: Strategi penghidupan nelayan; peningkatan ekonomi masyarakat; nelayan di Desa Padangdangan Kabupaten Sumenep
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Armanda Anggi Isa Mahendra
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:47
Last Modified: 25 Jul 2024 04:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72220

Actions (login required)

View Item View Item