Analisis Wahbah al Zuḥailī dan Yūsuf al Qarḍāwi terhadap jual beli mystery box online di Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wachid, Muchammad Bachruddin (2023) Analisis Wahbah al Zuḥailī dan Yūsuf al Qarḍāwi terhadap jual beli mystery box online di Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Bachruddin Wachid_C05219016.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Muchammad Bachruddin Wachid_C05219016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian Yang Berjudul “Analisis Wahbah Al-Zuḥailī Dan Yūsuf Al-Qarḍāwi Terhadap Jual Beli Mystery Box Online Di Shopee” adalah hasil penelitian kepustakaan, untuk menjawab pertanyaan tentang praktek jual beli mystery box online di Shopee dan analisis Wahbah Al-Zuḥailī dan Yūsuf Al-Qarḍāwi terhadap jual beli mystery box online di Shopee. Jenis penelitian pada skripsi ini merupakan penelitian yuridis normatif (metode penelitian hukum normatif), pendekatan yuridis normatif merupakan penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka, suatu pendekatan yang lebih mengedepankan aspek dari norma-norma pada ajaran agama islam yang terdapat pada al-qur’an dan hadis yang berkaitan dengan jual beli mystery box online prespektif dan Yūsuf Al-Qarḍāwi. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam prakteknya, jual beli Mystery Box di Shopee berarti jual beli kotak misteri, dimana pembeli melakukan pembayaran di awal sesuai dengan harga yang ditawarkan oleh penjual untuk keperluan pembeli. Jual beli mystery box dilakukan dengan menawarkan produk atau jenis barang kepada pembeli, namun pembeli tidak dapat mengetahui dengan pasti produk apa yang akan dibeli selanjutnya. Pembeli dapat memperoleh informasi mengenai barang yang akan di dapatkan pada kolom deskripsi yang dicantumkan oleh penjual. Syekh Wahbah Al-Zuḥailī berpendapat bahwa jual-beli mystery box tidak sempurna, dianggap rusak transaksi jual beli tersebut karena tidak memenuhi syarat sah transaksi, namun menurut syekh Yūsuf Al-Qarḍāwi boleh dengan syarat, dengan dalih bahwa setiap jual beli tentunya tidak lepas dari unsur ketidakjelasan. Disarankan kepada seluruh pengguna Shopee, baik penjual maupun pembeli, diharapkan untuk memahami terlebih dahulu syarat dan mekanisme jual beli sebelum melakukan transaksi, transaksi jual beli barang apapun untuk pencegahan perbuatan penipuan atau memakan harta orang lain dengan cara yang tidak benar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wachid, Muchammad BachruddinBachruddin1999@gmail.comC05219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Moch. ZainulZainulArifin@gmail.com2017047102
Subjects: Hukum Islam
Ideologi Islam
Keywords: Jual beli mystery box online; Shopee; Wahbah al Zuḥailī; Yūsuf al Qarḍāwi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbandingan Madzhab
Depositing User: Bachruddin Wachid Maulan
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:56
Last Modified: 25 Jul 2024 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72225

Actions (login required)

View Item View Item