Pengaruh kegiatan bermain kolase dari cangkang telur berwarna terhadap peningkatan kemampuan motorik pada anak kelompok B2 TK Bina Nurani Jemurwonosari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Danirmala, Yayak Dayinta Andriya (2024) Pengaruh kegiatan bermain kolase dari cangkang telur berwarna terhadap peningkatan kemampuan motorik pada anak kelompok B2 TK Bina Nurani Jemurwonosari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yayak Dayinta Andriya Danirmala_06020920042.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Yayak Dayinta Andriya Danirmala_06020920042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 25 July 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakanggi oleh kurangnya kemampuan motorik halus pada kelompok B2 di TK Bina Nurani Jemurwonosari Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil penilaian yang didapat kemampuan motorik halus pada peserta didik belum belum optimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan bermain kolase menggunakan media cangkang telur berwarna terhadap peningkatan kemampuan motorik halus pada kelompok B2 di TK Bina Nurani Jemurwonosari Surabaya. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis Pre eksperimen dengan menggunakan One Group Pre-test and Post-test Design. Subjek penelitian yang digunakan sejumlah 13 peserta didik pada kelompok B2 di TK Bina Nurani Jemurwonosari Surabaya. Analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan paired sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di kelompok B2 TK Bina Nurani Jemurwonosari Surabaya bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan kolase menggunakan cangkang telur berwarna terhadap kemampuan motorik halus pada anak. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kegiatan bermain menggunakan cangkang telur berwarna berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus peserta didik pada kelompok B2 TK Bina Nurani, Pada hasil tes data penelitian sebelum diberikan perlakuan dan sesudah perlakuan yang menujukkan bahwa kemampuan motorik halus terus meningkat, yang kategori awal banyak peserta didik yang masuk pada kategori BB (Belum Berkembang) dan MB (Mulai Berkembang) menjadi kategori BSB (Berkembang Sangat Baik) dan BSH (Berkembang Sesuai Harapan). Serta hasil uji hipotesis yang menggunakan uji paired sample test yang menunjukkan perbandingan 0,001<0,05 yang menyatakan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sesuai dengan ketentuan Uji Paired Sample Test bahwa H0 ditolak dan Ha diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Danirmala, Yayak Dayinta Andriyadayintao2.gumulan@gmail.com06020920042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Anak
Pendidikan
Keywords: Kolase cangkang telur berwarna; kemampuan; motorik halus
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Yayak Dayinta Andriya Danirmala
Date Deposited: 25 Jul 2024 05:01
Last Modified: 25 Jul 2024 05:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72234

Actions (login required)

View Item View Item