Makna al Sad' dalam surah at Tariq ayat 12 perspektif tafsir ilmi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putra, Edrus Dwi Adi (2024) Makna al Sad' dalam surah at Tariq ayat 12 perspektif tafsir ilmi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Edrus Dwi Adi Putra_E93217058.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Edrus Dwi Adi Putra_E93217058_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji makna lafadz "al-sad’" dalam Surah At Tariq Ayat 12 berdasarkan perspektif tafsir ilmiah, dengan menggunakan penafsiran Zaghloul al-Najjar. Lafadz "al-sad’" secara harfiah berarti "retakan" atau "belahan". Studi ini menggabungkan pemahaman dari ilmu tafsir klasik dan sains modern untuk memberikan interpretasi yang lebih komprehensif mengenai makna lafadz ini. Makna lafadz "al-Sad’" telah lama menjadi bahan kajian para ulama, namun penelitian ini berusaha mengungkap makna yang lebih mendalam dan relevan dengan ilmu pengetahuan modern. Bumi, yang secara alamiah memiliki banyak rekahan dan celah di permukaannya maupun di dasar laut, memberikan bukti adanya kemukjizatan ilmiah dalam ayat tersebut. Masalah yang menjadi focus pembicaraan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran lafadz al-sad’ menurut Zaghlul al-Najjar dalam surat al-tariq ayat 12? 2) Bagaimana korelasi makna al-sad’ yang diinterpretasikan oleh Zaghloul al-Najjar dengan fenomena geologi di permukaan bumi? Tujuan Penelitian dari penelitian ini pun meliputi, pertama, menguraikan penafsiran lafadz al-sad’ dalam Surah al-tariq ayat 12. Kedua, menguraikan korelasi antara penafsiran tersebut dengan teori sains mengenai rekahan bumi. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tahlili yang bercorak tafsir ilmi dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan model penelitian kepustakaan (library research) dan lain sebagainya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif-analisis yang bertujuan untuk menggambarkan fenomena yang dibahas. Analisis teks Al-Qur'an dan tafsir dilakukan untuk memahami makna lafadz al-sad’. Penelitian ini juga mengkaji literatur ilmiah terkait geologi dan fenomena rekahan bumi untuk menemukan korelasi antara penafsiran Zaghloul al-Najjar dengan fakta ilmiah. Penelitian ini menyimpulkan bahwa makna lafadz al-sad’ dalam Surah al-tariq ayat 12 mengandung aspek kemukjizatan ilmiah yang relevan dengan fenomena rekahan bumi. Zaghloul al-Najjar memberikan penjelasan yang panjang lebar dan ilmiah mengenai hal ini, menunjukkan bahwa Al-Qur'an mengandung kebenaran ilmiah yang dapat dibuktikan dengan pengetahuan modern. Penelitian ini diharapkan dapat memperkaya ilmu pengetahuan khususnya dalam bidang tafsir Al-Qur'an dan ilmu geologi. Selain itu, diharapkan juga dapat membuka wawasan masyarakat tentang ayat-ayat Al-Qur'an yang berisi fenomena alam, sehingga memperkuat keyakinan akan kebenaran Al-Qur'an sebagai kitab yang sempurna

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putra, Edrus Dwi Adiadiputra137@gmail.comE93217058
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com2004047303
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Al Sad’; Zaghloul al Najjar; tafsir ilmi; teori rekaha
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Edrus Dwi Adi Putra
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:18
Last Modified: 27 Jul 2024 02:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72248

Actions (login required)

View Item View Item