Strategi pengembangan brand image pesantren melalui Dauroh Tahfidzul Qur'an di Pondok Pesantren Karangasem - Paciran - Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Ghifari, Khabibul Choir (2024) Strategi pengembangan brand image pesantren melalui Dauroh Tahfidzul Qur'an di Pondok Pesantren Karangasem - Paciran - Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khabibul Choir Al Ghifari_06040320084 OK.pdf

Download (900kB)
[img] Text
Khabibul Choir Al Ghifari_06040320084 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian tentang Strategi Pengembangan Brand Image Pesantren melalui Dauroh Tahfidzul Qur’an; dan Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam Strategi Pengembangan Brand Image Pesantren melalui Dauroh Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun informan penelitian terdiri dari Direktur Dauroh Tahfidzul Qur’an, Kepala Madrasah Tsanawiyah Karangasem, Ustadz Pengasuh Dauroh Tahfidzul Qur’an, Santri alumni Dauroh Tahfidzul Qur’an. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data penelitian menggunakan teknik keabsahan data credibility, transferability, Dependability, dan confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Pengembangan Brand Image Pesantren melalui Dauroh Tahfidzul Quran di Pondok Pesantren Karangasem telah dilaksanakan dengan baik karena manajemen pengelolaan yang dilakukan dengan menjaga koordinasi dan komunikasi serta evaluasi di Pondok Pesantren Karangasem - Paciran. Bentuk Strategi Pengembangan Brand Image Pesantren dengan cara promosi secara online dan offline serta menyelenggarakan Program Unggulan Pesantren lainnya. Alasan Pondok Pesantren Karangasem menjadikan Dauroh Tahfidzul Qur’an sebagai Strategi Pengembangan Brand Image Pesantren adalah adanya keinginan kuat dari pendiri Pondok Karangasem dulu yang menginginkan Santri – santrinya untuk menjadi penghafal Al – Qur’an. Faktor pendukung yakni : a) kualitas dan kuantitas SDM yang baik, b) relasi kerjasama tingkat Nasional maupun Internasional, c) sarana Pendidikan yang memadai, d) manajemen pengelolaan yang baik, e) kualitas program yang positif. Sedangkan untuk faktor penghambatnya yakni : a) perbedaan pandangan disetiap orang, b) perbedaan cara kelola disetiap Madrasah, c) perbedaan background dari santri dan orang tuanya, d) perbedaan kemampuan diri dari setiap peserta Dauroh, e) dan persaingan daya saing Lembaga yang semakin kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Ghifari, Khabibul Choir06040320084@student.uinsby.ac.id06040320084
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuriyah, Liliklilikhuriyah@gmail.com2010028001
Thesis advisorFauzi, Ahmadahmad.fauzi@uinsby.ac.id2025057904
Subjects: Manajemen Pendidikan
Manajemen Strategi
Muhammadiyah
Pesantren
Keywords: Brand Image Pesantren; Dauroh Tahfidzul Qur’an
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S.Pd Khabibul Choir Al Ghifari
Date Deposited: 01 Sep 2024 01:27
Last Modified: 01 Sep 2024 01:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72250

Actions (login required)

View Item View Item