التماسك اللغوي المعجمي في رواية سلامة القس لعلي أحمد باكثير

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Salamah, Umi (2024) التماسك اللغوي المعجمي في رواية سلامة القس لعلي أحمد باكثير. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umi Salamah_A91218131.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Umi Salamah_A91218131_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Ali Ahmad Bakasir merupakan seorag sastrawan Arab Modern, novelis sekaligus penyair yang lahir dan tumbuh di Indonesia, berkembang di Yaman Hadramaut dan berkarir di Mesir sampai akhir hayatnya. Dia terkenal dengan puisi, drama dan novel nya. salah satunya adalah novel "Salamah al-Qass". Novel merupakan salah satu media pembelajaran berbahasa yang dikemas dengan bahasa yang indah, saalah satu unsur nya yaitu keterkaitan antar kalimat dalam novel atau disebut dengan istilah kohesi. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk-bentuk reiterasi dan kolokasi pada novel Salamah al-Qass karya Ali Ahmad Bakasir. Penelitianini menggunakan novel Salamah al-Qass sebagai obejek penelitian , data yang digunakan adalah seluruh aspek kebahasaan dan kesusastraan, baik berupa kata, kalimat atau wacana yang terkandung di dalamnya. oleh karena itu metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun hasil analisis yang diperoleh adalah 30 kata yang mengandung unsur kohesi leksikal dengan rincian sebagai berikut: repetisi penuh berjumlah 6, repetisi sebagian berjumlah 4,sinonim berjumlah 5, 2 antonim mutlak, 1 antonim kutub, 3 bentuk hiponim, 3 ventuk kolokasi leksikal, dan 3 bentuk kolokasi gramatikal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Salamah, Umiumi130798@gmail.comA91218131
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYusuf, Kamal--2006067901
Thesis advisorSodikin, Sodikinsodikinalwi@uinsby.ac.id0028117206
Subjects: Adab
Kesusastraan
Keywords: Kohesi; Novel Salamah al Qass; kohesi leksikal
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Umi Salamah
Date Deposited: 06 Aug 2024 02:35
Last Modified: 06 Aug 2024 02:35
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72255

Actions (login required)

View Item View Item