Maqāshīd Surah al Mā’ūn perspektif Ibn ‘Āsyūr: telaah kitab tafsir at Taḥrīr wa at Tanwīr

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saadah, Asyiah Faridatus (2024) Maqāshīd Surah al Mā’ūn perspektif Ibn ‘Āsyūr: telaah kitab tafsir at Taḥrīr wa at Tanwīr. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asyiah Faridatus Saadah_E03217011.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Asyiah Faridatus Saadah_E03217011_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Kajian tafsir QS. Al-Mā’ūn selama ini cenderung mengabaikan tujuan surah. Urgensi al-Qur’an sebagai petunjuk menjadikan setiap surah dan ayatnya memiliki maksud dan tujuan yang membawa kebaikan bagi manusia di setiap waktu dan tempatnya sehingga penelitian yang luput akan maqāshīd tidak membahas relasi dengan konteks yang dihadapi dalam realitas. Penelitian ini menganalisis maqāshīd QS. Al-Mā’ūn dalam kitab At-Taḥrīr Wa At-Tanwīr karya Ibn ‘Āsyūr. Kecenderungan Ibn ‘Āsyūr sebagai ulama maqāshīd syariah mengambarkan pandangannya dalam menulis tafsir Al-Qur’an. Dengan menggunakan metode deskriptif-analitis dan metode penafsiran tematik surah yang memadukan pendekatan maqāshīd syariah, penelitian ini menemukan tiga hal penting: (1) bentuk maqāshīdi ditunjukkan dalam profil surah, tujuan surah, dan detail penafsiran Ibn ‘Āsyūr; (2) maqāshīd QS. Al-Mā’ūn mencakup secara harmonis kulliyah al-Khams (lima tujuan universal syariah) dengan penekanan pada hifz al-dīn (menjaga agama), hifz al-‘aql (menjaga akal), hifz al-nafs (menjaga jiwa), hifz al-nasl (menjaga keturunan), dan hifz al-māl (menjaga harta); (3) maqāshīd QS. Al-Mā’ūn menjadi landasan kontekstual dalam kepedulian sosial, kebijakan inklusif, dan ekonomi umat yang mandiri. Penelitian ini menyimpulkan bahwa maqāshīd QS. Al-Mā’ūn memiliki relevansi kontemporer yang signifikan dalam mengatasi masalah sosial, ekonomi, dan kemanusiaan. Tiga penemuan ini menjadi bukti semangat maqāshīd Ibn ‘Āsyūr dalam menafsirkan QS. Al-Mā’ūn yang sarat akan kemaslahatan sosial dengan pondasi kekuatan agama, harmonisasi maqāshīd umum menjadi penting dalam menafsirkan Al-Qur’an di era kontemporer.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saadah, Asyiah Faridatusasyiahfaridasaadah@gmail.comE03217011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIwanebel, Fejrian Yazdajirdiwanebel@uinsa.ac.id2004039001
Subjects: Islam dan Humanisme
Sosiologi Islam
Tafsir
Keywords: QS. al Maun; maqāshīd; Ibn ‘Āsyūr; kontekstual; kontemporer
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Asyiah Faridatus Saadah
Date Deposited: 22 Jul 2024 05:38
Last Modified: 22 Jul 2024 05:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72258

Actions (login required)

View Item View Item