تغيريات األوزان العروضية يف شعر " أايم السرور" البن الرومي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfyatin, Ida Ayu (2024) تغيريات األوزان العروضية يف شعر " أايم السرور" البن الرومي. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ida Ayu Lutfyatin Nur Rohmah_A91217109 OK.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Ida Ayu Lutfyatin Nur Rohmah_A91217109 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Syiir merupakakan alat komunikasi arab yang memeiliki peran penting pada dunia kesusastraan. Syiir merupakan kalimat yang sngaja diberi sajak. Arudh merupakan ilmu yang membahas pola-pola syiir Arab,untuk mengetahui wazan yang benar atau salah. Yakni Ibnu Ar-Rumi, salah satu penyair Arab yang terkenal pada masa Abbasiyah yang puisinya memiliki ciri keindahan. Diantara karyanya yang masyshur yakni berjudul “Ayyamus Surur”. Penelitian ini membahas tentang perubahan wazan arudh dalam Syiir Ayyamus Surur karya Ibnu Ar Rumi. Syiir ini berbahar Basith dengan jumlah 49 bait yang terkumpul dalam “qofiyah ba”. Adapun fokus pokok permasalahan dalam pembahasan ini adalah (1) apa wazan arudh yang terdapat pada Syiir Ibnu Rumi dengan judul “Ayyamus Surur”?. (2) Bagaimana perubahan wazan arudh yang terdapat pada Syiir Ibnu Rumi dengan judul “Ayyamus Surur”?. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis yang dapat diamati. Hasil penemuan pada penelitian ini bahwa : 1. Syiir Ayyamus Surur karya Ibnu Ar Rumi terdapat wazan arudh berbahar basith wazannya yakni yakni mustaf‟ilun-faa‟ilun-mustaf‟ilun-faa‟ilun # mustaf‟ilun-faa‟ilun-mustaf‟ilun-faa‟ilun. 2. Perubahan arudh yang ditemukan dalam syiir Ayyamus Surur karya Ibnu Ar Rumi yakni: a. Zihaf Khabn (yakni perubahan yang terjadi pada huruf kedua dengan membuang huruf kedua yang disukun) pada taf’ilah mustaf‟ilun menjadi mafa‟ilun terdapat 29 bait. b. Zihaf Khabn (yakni perubahan yang terjadi pada huruf kedua dengan membuang huruf kedua yang disukun) pada taf’ilah faa‟ilun menjadi fa‟ilun terdapat 49 bait. c. Zihaf Khabn (yakni perubahan yang terjadi pada huruf kedua dengan membuang huruf kedua yang disukun) pada taf’ilah faa‟ilun menjadi fa‟lun terdapat 2 bait.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfyatin, Ida Ayudayunurrohmah01@gmail.comA91217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaikhu, Ahmad--2008066801
Subjects: Adab
Biografi
Puisi
Sastra
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Perubahan Wazan Arudh; Syiir Ayyamus Surur; Ibnu Rum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Ida Ayu Lutfyatin
Date Deposited: 26 Jul 2024 03:03
Last Modified: 26 Jul 2024 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72267

Actions (login required)

View Item View Item