Gaya bahasa ceramah KH. Alfin Sunhaji pada masyarakat pesisir Dalegan Panceng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qolbiyah, Syifaul (2023) Gaya bahasa ceramah KH. Alfin Sunhaji pada masyarakat pesisir Dalegan Panceng Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syifaul Qolbiyah_04040120116 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 August 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Syifaul Qolbiyah_04040120116.pdf

Download (942kB)

Abstract

Penelitian ini, bertujuan untuk mengatasi masalah mengenai penggunaan gaya bahasa ceramah Kh Alfin Sunhaji pada Masyarakat pesisir, mencakup jenis-jenis gaya bahasa yang digunakan dalam ceramah dan bagaimana gaya bahasa ceramah yang digunakan Kh Alfin Sunhaji pada Masyarakat pesisir. Guna mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara itu, teknik analisis data mengacu pada model analisis data yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa Kh Alfin Sunhaji menggunakan jenis-jenis gaya bahasa yang sesuai dengan teori Gorys Keraf meliputi Gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa berdasarkan nada suara, gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, dan gaya bahasa berdasarkan suasana. Yang kedua gaya bahasa yang digunakan saat berdakwah pada masyarakat pesisir ia menggunakan gaya bahasa percakapan dan tak resmi pada gaya bahasa berdasarkan pilihan kata, gaya bahasa menengah dan mulia bertenaga berdasarkan nada suara, gaya bahasa paralelisme dan repetisi pada gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat, serta suasana singkat dan superfluous pada gaya bahasa berdasarkan suasana. Penelitian ini membahas fokus mengenai diksi dan gaya bahasa ceramah Kh Alfin Sunhaji, oleh sebab itu penelitian selanjutnya, diharapkan untuk meneliti mengenai gaya retorika dalam ceramah Kh Alfin Sunhaji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qolbiyah, Syifaulsyifaulqolbiyah2042@gmail.com04040120116
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIlaihi, Wahyuwahyu.ilaihi@uinsby.ac.id2002047802
Subjects: Komunikasi Islam
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah

Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Gaya bahasa; ceramah; masyarakat pesisir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Syifaul Qolbiyah
Date Deposited: 23 Aug 2024 08:05
Last Modified: 23 Aug 2024 08:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72287

Actions (login required)

View Item View Item