Dinamika perubahan tradisi Nyadran di era modernisasi: studi kasus masyarakat Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Widyawati, Widyawati (2024) Dinamika perubahan tradisi Nyadran di era modernisasi: studi kasus masyarakat Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Widyawati_A92217092 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Widyawati_A92217092.pdf

Download (1MB)

Abstract

Adapun permasalahan yang dibahasdalam skripsi ini antara lain: (1) Bagaimana latar belakang Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri? (2) Bagaimana proresi tradisi nyadran di Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana perubahan yang terjadi pada tradisi nyadran di Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan sosiologis, antropologis, dan historis. Perolehan data didapatkan melalui tahapan heuristik, verivikasi, interpretasi dan historiografi yang difokuskan untuk mendapatkan data terkait Dinamika Perubahan Tradisi Nyadran Di Era Modernisasi (Studi Kasus Masyarakat Desa Dayu Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri). Kesimpulan yang dapat diambil dari keseluruhan penelitian ini antara lain: 1) Latar belakang Desa Dayu yang dilihat dari aspek geografi, demografi, serta sosial dan budaya. 2) Tradisi tersebut dilaksanakan dalam satu tahun sekali, tepatnya pada hari kamis malam jumat pahing setelah panen pertama kali. Tujuannya sebagai wujud syukur kepada Allah yang telah memberikan kelimpahan dari hasil panen. Rangkaian acaranya, terdiri dari Pra atau persiapan acara, Prosesi inti acara dan pasca acara. 3) Perubahan tradisi nyadran di Desa Dayu dapat dilihat dari empat aspek, antara lain: perubahan aspek makna, perubahan aspek pelaksanaan prosesi, perubahan aspek pelaku dan perubahan aspek wadah makanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Widyawati, Widyawatiwidyawatiragil@gmail.comA92217092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorZulaili, I'in Nuriinzulaili13@gmail.com199503292020122027
Subjects: Budaya - Agama
Kebudayaan Jawa
Masyarakat
Keywords: Tradisi Nyadran; era modernisasi; masyarakat desa
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Widyawati Widyawati
Date Deposited: 26 Jul 2024 08:45
Last Modified: 26 Jul 2024 08:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72298

Actions (login required)

View Item View Item