تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة سورة البلد لدى الطلاب روضة تعليم القرآن دار المتقين سيدوار جو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Safitri, Dian (2024) تحليل الأخطاء الصوتية في قراءة سورة البلد لدى الطلاب روضة تعليم القرآن دار المتقين سيدوار جو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Safitri_A01218009 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Dian Safitri_A01218009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fonologi merupakan bentuk kesalahan dalam pengucapan kata sehingga menyimpang dari ucapan baku atau bahkan menyebabkan perbedaan makna. Kesalahan tersebut termasuk kedalam klasifikasi linguistik. Kesalahan terjadi pada aspek fonologi penggunaan bahasa lisan secara produktif ( berbicara ). Peneliti menemukan kesalahan fonologi di salah satu Taman Pendidikan Qur’an di Sidoarjo. Dalam penelitian ini, peneliti fokus pada : Apa bentuk-bentuk kesalahan fonologi dalam membaca Surat Al-Balad murid TPQ Darul Muttaqin Sidoarjo ?, Apa penyebab kesalahan fonologi dalam membaca Surat Al-Balad murid TPQ Darul Muttaqin di Sidoarjo ? Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan analisis kesalahan membaca murid TPQ Darul Muttaqin. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah pengamatan, wawancara, dan dokumentasi rekam suara. Hasil penelitian ini mununjukkan, bahwa banyak huruf yang bunyinya hampir sama, hanya Tidak .sebagainya lain dan ء-ع‌،‌ت‌– ط‌،‌ح-‌خ‌،‌س‌– ص‌،‌ض‌– ظ ، seperti kesalahan membaca huruf, adapun kesalahan dalam bentuk panjang pendeknya. Dalam hal ini peneliti menemukan adanya 31 kesalahan pengucapan huruf ‌ذ ke د, dan 18 kesalahan pengucapan huruf ‌ه ke ح, dan 54 kesalahan pengucapan huruf ع ke ء, dan 14 kesalahan pengucapan ش ke س, dan 5 kesalahan pengucapan ط ke ت, dan 20 kesalahan pengucapan ق ke ك, dan 4 kesalahan pengucapan ص ke س, dan 5 kesalahan pengucapan ث ke س, dan 38 kesalahan pengucapan panjang pendek pada bacaan AlQur’an surat Al-Balad.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Safitri, Diandianxsafitri@gmail.comA01218009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurzidny_fathan@yahoo.com2025016901
Subjects: Bahasa Arab
Qira'ah
Keywords: Kesalahan fonologi; membaca; Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dian Safitri
Date Deposited: 26 Jul 2024 07:25
Last Modified: 26 Jul 2024 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72304

Actions (login required)

View Item View Item