Pengembangan Media Pembelajaran Math Clarity "Mathca" Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febiyanti, Nur Laily (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Math Clarity "Mathca" Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laily Febiyanti_06010420014 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nur Laily Febiyanti_06010420014 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 15 July 2027.

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Mathca agar menjadi media pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Siswa harus belajar untuk memahami konsep matematika dengan cara menciptakan media pembelajaran yang menarik. Inovasi media pembelajaran penting untuk membantu siswa yang selama ini jenuh pada saat pembelajaran di sekolah yang hanya menggunakan media konvensional seperti papan tulis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang mengacu pada model pengembangan Plomp. Terdapat 3 tahapan proses pengembangan, diantaranya : tahap pendahuluan, tahap prototipe, dan tahap penilaian. Penelitian ini dilakukan di MAN kota Surabaya dengan melibatkan siswa kelas X E. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik field note, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu : (1) Proses pengembangan media pembelajaran Mathca untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sesuai dengan tiga tahap model pengembangan Plomp. Pada tahap pendahuluan, peneliti menemukan sistem pembelajaran yang diterapkan yaitu pembelajaran konvensional kurikulum merdeka dan menggunakan metode ceramah. Pada tahap prototipe, peneliti membuat desain media pembelajaran Mathca seperti cover, isi yang dimuat dalam media pembelajaran Mathca menggunakan Kodular. Dan terakhir yaitu tahap penilaian dimana validasi media pembelajaran dilakukan oleh validator ahli dan diuji kepada peserta didik kelas X MAN Kota Surabaya. (2) Penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Mathca dinyatakan valid oleh validator ahli dengan nilai rata-rata kevalidan 4,39. (3) Media pembelajaran Mathca juga dinyatakan praktis secara teori dengan nilai rata-rata 89,6 dan dinyatakan praktis secara praktik dengan persentase 87,8%. (4) Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan sebelum dan sesudah penggunaan aplikasi Mathca berbasis android memiliki nilai post-test yang lebih tinggi daripada nilai pre-test nya, sehingga dikategorikan “baik” dan “sangat baik” (5) Media Pembelajaran Mathca terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa dengan hasil hitungan uji-t menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata sebesar 29,5 poin dengan peningkatan terendah sebesar 24,69 poin dan tertinggi sebesar 34,46 poin. Peningkatan nilai rata-rata tersebut secara statistik terdapat perbedaan yang nyata (t=12,36 dengan nilai signifikasi = 0,001 < 0,05, Ho ditolak dan Ha diterima).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febiyanti, Nur Lailynurlailyfebiyanti@gmail.com06010420014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Media Pembelajaran; Mathca; Kodular; Pemahaman Konsep Matematis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Laily Febiyanti
Date Deposited: 15 Jul 2024 05:45
Last Modified: 15 Jul 2024 05:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72326

Actions (login required)

View Item View Item