Etika sosial dalam al-Qur’an perspektif Mufassir Nusantara: kajian tafsir Nusantara surah al-Baqarah ayat 83, Luqman ayat 18, dan al-Hujurat ayat 13

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izza, Duta Baitul (2024) Etika sosial dalam al-Qur’an perspektif Mufassir Nusantara: kajian tafsir Nusantara surah al-Baqarah ayat 83, Luqman ayat 18, dan al-Hujurat ayat 13. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Duta Baitul Izza_07020320037 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Duta Baitul Izza_07020320037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang dimana mereka tidak bisa hidup sendirian tanpa sejenisnya. Dalam menjalankan kehidupannya seorang individu tidak bisa menjalankannya sendirian tetapi ia membutuhkan manusia lain dalam lingkungannya sehingga sesama manusia dapat saling bahu membahu dalam memenuhi kebutuhan kehidupan satu sama lain. Dalam kehidupan bersosial setiap individu manusia terikat dengan peraturan sosial atau norma sosial. Sehingga dalam kehidupan manusia dibutuhkannya etika dalam kehidupan sosial yang berfungsi sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan yang mengacu pada norma kemasyarakatan sehingga perilakunya dapat diterima di dalam kehidupan bermasyarakat dan tidak bertentangan atau menyimpang dari norma-norma kehidupan. Dalam ajaran Islam sendiri etika merupakan salah satu ajaran yang disampaikan oleh Nabi dan selalu dipraktekkan sebagai salah satu media berdakwah sehingga para warga Makkah dan Madinah selalu memiliki gambaran bahwasannya Muhammad ialah sesosok orang yang beretika baik. Al-Qur’an senndiri sebagai wahyu Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw juga berisikan prinsip-prinsip dan ajaran-ajaran dalam rangka pembentukan karakter mulia pada diri manusia. Di antara prinsip dan ajarannya adalah bagaimana etika sosial terhadap sesama manusia. Maka dalam skripsi ini penulis berusaha menjelaskan nilai nilai etika sosial yang terdapat pada al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 83, Luqman ayat 18, dan al-Hujurat ayat 3. Penelitian ini menggunakan metode tematik tahlili dengan pendekatan penelitian kajian Pustaka (library research) yang mana menerapkan teknik kualiatif dengan memperoleh data dari berbagai sumber dan mencari data secara berkelanjutan sehingga terkumpul data yang terpenuhi, maka dalam penelitian ini dengan menggunakan metode tematik tahlili dapat memudahkan peneliti dalam menentukan ayat yang akan dikaji dan menganalisis bagaimana penafsiran mufassir Nusantara terkait ayat etika sosial dalam al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izza, Duta Baituldutaizza7@gmail.com07020320037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChozin, Fadjrul Hakamhakam@uinsby.ac.id2006075901
Subjects: Etika
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Etika sosial; al-Qur’an; Mufassir Nusantara
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Duta Baitul Izza
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:05
Last Modified: 30 Jul 2024 02:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72330

Actions (login required)

View Item View Item