Pengaruh kunjungan wisatawan, pajak hiburan, pajak parkir dan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi D.I. Yogyakarta tahun 2018-2023

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ayubie, Sholaahuddin Al (2024) Pengaruh kunjungan wisatawan, pajak hiburan, pajak parkir dan pajak hotel terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Provinsi D.I. Yogyakarta tahun 2018-2023. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sholaahuddin Al-Ayubie_08040120103.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Sholaahuddin Al-Ayubie_08040120103_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi berjudul “Pengaruh Kunjungan Wisatawan, Pajak Hiburan, Pajak Parkir dan Pajak Hotel terhadap Pendapatan Asli Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta Tahun 2018-2023” ini mempunyai tujuan yaitu ingin mengetahui apakah dengan perolehan dana dari kunjungan wisatawan, pajak hiburan, pajak parkir dan pajak hotel yang ada di kota atau kabupaten di Provinsi D.I. Yogyakarta ini dapat memiliki pengaruh atau tidak terhadap pendapatan asli daerah. Adapun penelitian ini memakai penelitian deskriptif kuantitatif. Yang mana jenis data yang dikenakan yakni data sekunder, dan lalu dijadikan data panel. Penulis saat melakukan penganalisisan data yakni dengan menggunakan analisis regresi data panel, uji t-statistik (signifikansi parsial), uji f-statistik (signifikansi simultan), dan juga uji R2 (koefisien determinansi). Berdasar dengan hasil uji yang sudah dilaksanakan, yakni variabel kunjungan wisatawan (X1) secara parsial tidak mempengaruhi perolehan PAD (pendapatan asli daerah) dengan didapatkan nilai probabilitasnya 0,4078. Selanjutnya, pajak hiburan juga tidak memiliki pengaruh terhadap PAD (pendapatan asli daerah) dengan nilai probabilitas yang didapat sebesar 0,6308. Lalu, pajak parkir memiliki pengaruh dan juga signifikan terhadap pendapatan asli daerah dengan nilai probabilitasnya yang didapat sebanyak 0,0034. Dan terakhir, pajak hotel pun berpengaruh kepada pendapatan asli daerah, yang nilai probabilitasnya 0,0038. Sedangkan, seluruh variabel X secara simultan didapatkan angka probabilitasnya sebesar 0,000000. Yang artinya keseluruhan variabel X (bebas) berpengaruh dan juga signifikan terhadap PAD, selaku variabel terikat. Selanjutnya, di uji R2 (koefisien determinasi) didapat nilai 98,1% variabel bebas dapat mendeskripsikan variabel terikat. Diharapkan, dengan ditulisnya studi ini dapat dijadikan bahan untuk pertimbangan kepada pemerintah daerah guna untuk memanfaatkan serta memaksimalkan perolehan dari sektor kepariwisataan dan juga pajak daerah agar dapat berkontribusi dalam perolehan PAD di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan PAD dapat dipakai dengan cara yang tepat serta bijak sesuai dengan kebutuhan pengeluaran daerah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ayubie, Sholaahuddin Alsholaahuddinalayyubie@gmail.com08040120103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaade.irma@uinsa.ac.id2001109104
Subjects: Ekonomi
Pajak dan Perpajakan
Pariwisata
Keywords: Kunjungan wisatawan; pajak hiburan; pajak parkir; pajak hotel; pendapatan asli daerah; Provinsi D.I. Yogyakarta
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Sholaahuddin Al-Ayubie
Date Deposited: 27 Jul 2024 02:48
Last Modified: 27 Jul 2024 02:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72332

Actions (login required)

View Item View Item