Pengaruh literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan lifestyle terhadap perilaku keuangan pada generasi Z di kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ummah, Siti Farhatul (2024) Pengaruh literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan lifestyle terhadap perilaku keuangan pada generasi Z di kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Farhatul Ummah_08040420163.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Siti Farhatul Ummah_08040420163_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 August 2027.

Download (4MB)

Abstract

Perilaku keuangan merupakan suatu hal yang berkaitan dengan karakteristik dan sikap seorang generasi Z dalam mengelola keuangan pribadinya, baik yang berkaitan dengan pengelolaan jangka pendek maupun jangka panjang. Pengambilan keputusan yang tepat dalam mengelola keuangan akan mencegah kesulitan di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan lifestyle terhadap perilaku keuangan generasi Z di kota Surabaya secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang berasal dari hasil kuisioner. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 156 responden yang diperoleh dari rumus Slovin. Kriteria responden dalam penelitian ini melalui teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SPSS versi 25 melalui uji analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah dan lifestyle berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan. Secara simultan, variabel literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan lifestyle juga berpengaruh signifikan terhadap perilaku keuangan pada generasi Z di kota Surabaya. Hal ini menunjukkan semakin baik literasi keuangan syariah, inklusi keuangan syariah, dan lifestyle generasi Z di kota Surabaya maka akan semakin baik pula pengelolaan keuangan pribadi mereka. Penelitian ini memberikan rekomendasi kepada generasi Z di Surabaya agar cerdas dalam mengelola keuangannya untuk mencegah masalah keuangan di masa yang akan datang dengan cara terus belajar terkait literasi keuangan syariah, menggunakan produk dan layanan pada lembaga keuangan syariah dengan baik, serta mengontrol gaya hidupnya. Selain itu, diharapkan untuk penelitian selanjutnya dapat memperluas pengembangan variabel lain yang dapat mempengaruhi perilaku keuangan seseorang sesuai dengan perkembangan zaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ummah, Siti Farhatulfarhatulummah5@gmail.com08040420163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuflihin, Mohammad Dliyaulmdliyaulmuflihin@gmail.com2105019402
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Keywords: Literasi keuangan syariah; inklusi keuangan syariah; lifestyle; perilaku keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Siti Farhatul Ummah
Date Deposited: 07 Aug 2024 03:14
Last Modified: 07 Aug 2024 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72335

Actions (login required)

View Item View Item