Kemampuan berpikir kritis matematika siswa sma dalam menyelesaikan ill structured problem ditinjau dari self efficacy

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Melda Auliaur (2024) Kemampuan berpikir kritis matematika siswa sma dalam menyelesaikan ill structured problem ditinjau dari self efficacy. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Melda Auliaur Rohmah_06020420033.pdf

Download (20MB)
[img] Text
Melda Auliaur Rohmah_06020420033_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (20MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan merupakan kemampuan untuk mengenali, memahami, dan menilai informasi secara mendalam dan rasional yang melibatkan proses analitis. Kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaijan soal ill structured problem dipengaruhi oleh self efficacy. Self efficacy dibagi menjadi tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berpikir kritis matematika siswa pada kategori tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di MAN 1 Nganjuk pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian diambil dari siswa kelas XI. Subjek penelitian terdiri dari 2 subjek tinggi, 2 subjek sedang, dan 2 subjek rendah yang diklasifikasikan berdasarkan angket self efficacy. Pemilihan subjek yang digunakan yaitu dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berpikir kritis matematika sesuai indikator berpikir kritis menurut Facione. Sedangkan hasil wawancara dilakukan kondensasi data terlebih dahulu, kemudian disajikan dalam bentuk skema dan naratif.Berdasarkan analisis data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki kategori self efficacy tingkat tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis matematika tingkat tinggi dalam menyelesaikan ill structure problem. Sedangkan siswa yang memiliki kategori self efficacy tingkat sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematika tingkat sedang dalam menyelesaikan ill structure problem. Kemudian siswa yang memiliki kategori self efficacy tingkat rendah memiliki kemampuan berpikir kritis matematika tingkat rendah dalam menyelesaikan ill structure problem

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Melda Auliaurauliamelda65@gmail.com06020420033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Matematika
Keywords: Berpikir kritis; matematika; ill structured problem; self efficacy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Melda Auliaur Rohmah
Date Deposited: 30 Jul 2024 02:32
Last Modified: 30 Jul 2024 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72385

Actions (login required)

View Item View Item