Pembiasaan budaya sopan santun dalam membentuk karakter religius anak usia dini di RA Cahyaning Kalbu Desa Cerme Lor Gresik Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Audiah, Izhanoem (2024) Pembiasaan budaya sopan santun dalam membentuk karakter religius anak usia dini di RA Cahyaning Kalbu Desa Cerme Lor Gresik Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Izhanoem Audiah_D99217040.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Izhanoem Audiah_D99217040_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 August 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Pembiasaan Budaya Sopan Santun Dalam Membentuk Karakter Religius Anak Usia Dini di RA Cahyaning Kalbu Desa Cerme Lor, Gresik, Jawa Timur” dilatarbelakangi karena lunturnya budaya sopan santun pada zaman modern ini sehingga dapat berimbas pula pada karakter religius anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama untuk mengetahui penerapan budaya sopan santun pada anak di RA Cahyaning Kalbu, dan kedua untuk mengetahui karakter religius anak di RA Cahyaning Kalbu. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan metode kualitatif. Adapun sumber data dari penelitian ini yaitu terdiri dari pertama sumber data primer berdasarkan hasil observasi dan wawancara, kedua sumber data sekunder berdasarkan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dokumentasi, dan tinjauan literatur. data kemudian diuji keabsahannya menggunakan teknik triangulasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu transkrip hasil wawancara, reduksi data, analisis, interpretasi data, serta triangulasi yang kemudian tahap akhir yaitu penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; pertama, penerapan budaya sopan santun di RA Cahyaning Kalbu melalui beberapa metode yaitu salah satunya pembiasaan dan penerapan tersebut telah dilakukan dengan sebaik mungkin. Anak usia dini di RA Cahyaning Kalbu juga sudah menunjukkan perilaku sopan santun di lingkungan sekolah. Kedua, anak usia dini di RA Cahyaning Kalbu memiliki karakter religius yang tergolong sudah baik karena ditunjukkan dengan terpenuhinya indikator religius misalnya mengucapkan salam ketika memasuki ruangan, dan lain sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Audiah, Izhanoemaudizhanoem@gmail.comD99217040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Subjects: Anak
Pendidikan Islam
Budaya
Keywords: Sopan santun; religius; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: izhanoem audiah hasmuni
Date Deposited: 27 Aug 2024 07:37
Last Modified: 27 Aug 2024 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72404

Actions (login required)

View Item View Item