Problematika pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran di TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulandari, Oktorina (2024) Problematika pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran di TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Oktorina Wulandari D99217045 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Oktorina Wulandari_D99217045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan dalam penerapan kurikulum merdeka di TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung Jombang. Beberapa permasalahan adalah seperti beberapa guru yang belum memahami kurikulum Merdeka, penerapan kurikulum Merdeka yang tidak konsisten dilakukan sehingga permasalahan ini yang menyebabkan pembelajaran yang dilakukan tidak berjalan begitu baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika yang dihadapi oleh guru dalam penerapan kurikulum merdeka dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung Jombang. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah bapak/ibu guru, kepala sekolah, dan juga orang tua peserta didik di TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung Jombang. Data penelitian ini akan diperoleh melalui wawancara, observasi, dan juga dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sedangkan untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung menghadapi dua permasalahan utama terkait perencanaan Kurikulum Merdeka. Permasalahan pertama adalah kesulitan menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP) yang mengakomodasi kebutuhan lokal sekaligus sesuai dengan kurikulum nasional. Permasalahan kedua adalah kendala dalam persiapan media pembelajaran dan modul yang sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan. Saran dari penelitian ini adalah sekolah perlu mengambil langkah konkret untuk meningkatkan implementasi Kurikulum Merdeka di TK Muslimat 24 Kauman Mojoagung Jombang. Saran melibatkan pelatihan teknologi informasi dan komunikasi yang mendalam bagi guru, pendekatan yang responsif terhadap perbedaan usia dan kemampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, serta dukungan teknis dari sekolah dan pemerintah. Kesadaran terhadap keterbatasan pribadi, kesiapan untuk terus belajar, dan dukungan dari berbagai pihak dianggap kunci untuk mengatasi kendala ini dan memastikan keberhasilan implementasi Kurikulum Merdeka

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulandari, Oktorinaoktorinawd28@gmail.comD99217045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsby.ac.id2008088301
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Strategi Pembelajaran; Kurikulum Merdeka; Implementasi Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: oktorina wulandari Hari
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:50
Last Modified: 30 Jul 2024 01:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72409

Actions (login required)

View Item View Item