Strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di RA Al Abror Tanjekwagir

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Emilinia Indah (2024) Strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di RA Al Abror Tanjekwagir. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Emilinia Indah Permatasari_D93217051 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Emilinia Indah Permatasari_D93217051 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 July 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan serta menganalisis dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di RA Al Abror Tanjekwagir. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelititan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan wawancara dengan kepala madrasah, wakil kepala madrasah sekaligus sebagai bendahara madrasah serta wali murid RA Al Abror Tanjekwagir. Hasil dari penelitian ini yaitu strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di RA Al Abror Tanjekwagir dilakukan dengan peningkatan mutu pendidikan dengan penguatan tiga kerangka utama yakni pengadaan program atau layanan unggulan berupa program kelas intensif mengaji Al Quran sebelum memulai kegiatan belajar mengajar dan program tahfidz Al Quran; penguatan infrastruktur fisik madrasah berupa upaya pengembangan dan pengadaan sarana prasarana yang memadai; serta penguatan kapasitas sumber daya manusia yakni kualifikasi tenaga pendidik yang telah strata satu (S-1) dan mempunyai kemampuan tahfidz Al Quran. Untuk memudahkan kepala madrasah dalam pelaksanaan strategi tersebut, kepala madrasah mengimplementasikan analisis SWOT dan marketing mix. Faktor pendukung strategi kepala madrasah dalam pemasaran jasa pendidikan di RA Al Abror Tanjekwagir antara lain kualitas layanan pendidikan seperti kualifikasi tenaga pendidik dan kependidikan yang sebagian besar telah strata satu (S-1) dan mempunyai kemampuan tahfidz Al Quran, adanya program dan layanan unggulan yakni kelas intensif mengaji Al Quran dan tahfidz Al Quran, lokasi madrasah yang strategis dan biaya pendidikan yang terjangkau. Adanya hubungan yang baik antara pihak madrasah, komite madrasah, wali murid serta tenaga kesehatan seperti puskesmas, posyandu dan bidan desa. Adanya testimoni dan ulasan positif dari lulusan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain kurangnya kualitas dan kuantitas SDM seperti kurangnya ilmu dan pengetahuan guru terhadap beberapa materi ajar dan rendahnya semangat mengajar dari tenaga pendidik. Keterbatasan anggaran yang mengakibatkan sarana prasarana seperti alat peraga pembelajaran dan arena bermain anak yang kurang memadai, rendahnya pemanfaatan media sosial milik madrasah sebagai media promosi madrasah, serta dukungan wali murid yang rendah dalam memotivasi anaknya untuk berangkat ke sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Emilinia Indahemiliniaindah10@gmail.comD93217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Kepala Sekolah
Manajemen Strategi
Keywords: Strategi; pemasaran; jasa pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: emilinia indah permatasari
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:38
Last Modified: 30 Jul 2024 01:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72412

Actions (login required)

View Item View Item