Ritual Sentren pada kesenian Sandur Manduro di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang telaah konsep religi Koenjtaraningrat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidia, Dina (2024) Ritual Sentren pada kesenian Sandur Manduro di Desa Manduro Kecamatan Kabuh Kabupaten Jombang telaah konsep religi Koenjtaraningrat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel.

[img] Text
Dina Maulidia_A92217064 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 August 2027.

Download (5MB)
[img] Text
Dina Maulidia_A92217064.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1)Bagaimana Sejarah Ritual Sentren pada kesenian Sandur Manduro? (2)Bagaimana konsep religi yang terkandung pada Ritual Sentren menurut Koentjaraningrat? (3)Bagaimana Prosesi dan fungsi Ritual Sentren? Untuk menjawab permasalahan tersebut penulis menggunakan metode budaya, yang yang berfokus pada dinamika dan keunikan budaya Masyarakat dan untuk mendapatkan sumbernya mengharuskan peneliti untuk hadir langsung ke lapangan. Dalam teori penelitian menggunakan konsep religi Koentjaraningrat, karena itu penulis harus menjelaskan teori religi yang terkandung pada Ritual Sentren menurut Koentjaraningrat sebagai pakar Antropologi budaya. Selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode kualitatif. Skripsi ini menyimpulkan bahwa Ritual Sentren merupakan tradisi turun temurun yang sudah dilakukan sejak lama. Sentren juga di kaitkan dengan kesenian Sandur Manduro. Konsep religi yang terdapat dalam Ritual Sentren yaitu umat Islam yang melakukan ritual jawa dimana didalamnya terdapat sesaji, dan mempercayai roh-roh, dewa-dewi yang bukan termasuk dalam ajaran Islam. Namun ritual ini tidak meninggalkan ajaran Islam itu sendiri dengan tetap menyantumkan doa-doa ajaran Islam didalam ditural tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidia, Dinadinamldia98@gmail.comA92217064
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhazali, Imamimamghazalisaid@uinsby.ac.id2012026001
Thesis advisorIbnu Hajar, Imamibnuhajar@uinsby.ac.id2006086802
Subjects: Budaya - Agama
Kebudayaan Jawa
Adat
Keywords: Ritual; Sentren; Sandur Manduro
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Dina Maulidia
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:07
Last Modified: 19 Aug 2024 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72422

Actions (login required)

View Item View Item