Peran civil society lokal dalam penuntasan pelanggaran HAM masa lalu: studi kasus KontraS Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Darmawan, Mochamad Ivan (2024) Peran civil society lokal dalam penuntasan pelanggaran HAM masa lalu: studi kasus KontraS Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Ivan Darmawan_10020120053 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 8 August 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Mochamad Ivan Darmawan_10020120053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini terfokus pada bagaimana peran civil society dalam memperjuangkan persoalan transitional justice di Indonesia. Objek penelitian ini menggunakan studi kasus “KontraS Surabaya” sebagai representasi organisasi civil society yang bergerak pada isu-isu persoalan transitional justice di Indonesia. Topik pembahasan pada penelitian ini akan membahas terkait peranan dan tantngan KontraS Surabaya dalam memperjuangkan persoalan transitional justice di Indonesia. Penelitian mengenai peran civil society dalam isu-isu transitional justice di Indonesia perlu dibahas dan dikaji lebih mendalam, karena sampai hari ini persoalan-persoalan transitional justice di Indonesia belum terselesaikan oleh negara dengan penuh keadilan bagi semua pihak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif ini dengan pendekatan studi kasus serta menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan adalah teknik wawancara, observasi, dan kajian dokumen.Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah konseptualisasi dari Paul Gready dan Simon Robins mengenai gerakan civil society dalam transisi demokrasi atau transitional justice di Indonesia. Kemudian temuan dilapangan menunjukkan ada faktor yang mengakibatkan gagalnya transitional justice di Indonesia yakni negara tidak mempunyai political will untuk menyelesaikan permasalahan transitional justice di Indonesia. Dengan adanya political will pada level negara, tetapi justru ada inisiatif pada level civil society dalam hal ini KontraS Surabaya yang membuat isu-isu transitional justice tetap hidup dan berkembang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Darmawan, Mochamad Ivan10020120053@student.uinsby.ac.id10020120053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Noormaman.piramida@yahoo.com2019108501
Subjects: Politik
Hak Asasi Manusia
Keywords: Civil society lokal; pelanggaran HAM; KontraS Surabaya
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: Mochamad Ivan Darmawan
Date Deposited: 08 Aug 2024 05:27
Last Modified: 08 Aug 2024 05:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72424

Actions (login required)

View Item View Item