Analisis konstruksi Islamophobia dalam pengesahan confortant le respect des principes de la république tentang anti-separatisme di Prancis 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nashrulloh, Ahmad (2024) Analisis konstruksi Islamophobia dalam pengesahan confortant le respect des principes de la république tentang anti-separatisme di Prancis 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Nashrulloh_10020220029_Full.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ahmad Nashrulloh_10020220029.pdf
Restricted to Repository staff only until 31 July 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan meneliti konstruksi Islamophobia dalam undang-undang Prancis, Confortant le Respect des Principes de la République. Melalui analisis konteks sosial-politik, Sejarah, dan kontroversi Laicite, penelitian ini menyoroti konstruksi dan dampak undang-undang tersebut terhadap prinsip sekularisme, kebebasan beragama, dan integrasi sosial di Prancis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa dokumentasi yang kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis model Miles dan Huberman. Penelitian ini menemukan bahwa RUU "Confortant le Respect des Principes de la République" mencerminkan konstruksi Islamophobia oleh pemerintah Prancis untuk mengendalikan peran Islam sesuai dengan identitas sekuler Prancis, melalui langkah-langkah seperti pembatasan pendidikan di rumah, larangan penggunaan hijab, dan retorika 'islamist separatism'. Menggunakan asumsi dasar konstruktivisme Alexander Wendt, terlihat bahwa Islamophobia di Prancis merupakan produk dari konstruksi sosial yang kompleks, di mana identitas nasional, norma sekuler, dan konsep nasionalisme berperan dalam membentuk persepsi negatif terhadap Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nashrulloh, Ahmadnasrul.uinsa09@gmail.com10020220029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRedjosari, Slamet Mulionosmuliono@gmail.com2029116801
Subjects: Hubungan Internasional
Politik Internasional
Keywords: Islamophobia; anti separatisme; confortant le respect des principes de la république; konstruktivisme
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Ahmad Nashrulloh
Date Deposited: 31 Jul 2024 03:39
Last Modified: 31 Jul 2024 03:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/72447

Actions (login required)

View Item View Item